Waduh, 42 Persen PNS di Indonesia Datang ke Kantor Cuma Bengong

Deputi SDM KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja. (Istimewa)

JAKARTA, RIAUBERNAS.COM - Data SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) membeberkan kondisi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di instansi pusat dan daerah. Ternyata, 42 persen PNS di Indonesia yang datang ke kantor tidak tahu apa yang harus dikerjakan.

Ini disampaikan oleh Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja dalam rakor pendayagunaan aparatur negara tingkat provinsi yang dihadiri para sekda provinsi se-Indonesia, di Jakarta, Selasa (8/3), seperti dikutip jpnn.com.

Ia menjelaskan, 42 persen dari 4,517 juta PNS di Indonesia tidak tahu apa yang harus dikerjakannya sesampai di kantor. Begitu sampai, dia bingung mau kerjakan apa. 42 persen PNS itu, ada di Jabatan Fungsional Umum (JFU).

"Karena itu, kepada seluruh sekda yang hadir diminta melakukan audit organisasi dan memetakan PNS-nya di JFU," tandasnya.

Katanya, dengan pemetaan akan diketahui berapa sebenarnya jumlah PNS yang masih bisa didongkrak kemampuannya dan berapa harus dirasionalisasi.

"Para sekda silakan melakukan audit organisasinya. Petakan PNS di JFU ada di posisi apa, punya kualifikasi atau tidak. Setelah dapat hasilnya, baru kita menanjak pada langkah berikutnya," tandasnya.

Tambahnya, pemerintah tidak bisa membiarkan PNS yang datang ke kantor hanya melongo. Semua harus tahu kerjanya apa dan menghasilkan kinerja. (***)



Editor    : Ai
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar