Zero Covid 19. Ini Kata Kepala Puskesmas Kuala Kampar

Sosialisasi Covid 19 di pasar Penyalai (dok. Polsek Kuala Kampar/FB)

PELALAWAN (Riaubernas.com) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan merilis data terakhir perkembangan Covid 19, dari data yang di publish 27 Oktober 2020 itu disebutkan bahwa angka warga yang terkonfirmasi positif Covid 19 berjumlah 829 orang.

Dari jumlah terkonfirmasi dan susupek covid19 sebaran terbesar penyebaran berada di ibu kota Pangkalan Kerinci sebesar 669 kasus terkonfirmasi.

Sejak Covid 19 mewabah di Kabupaten Pelalawan tujuh bulan lalu, Kecamatan Kuala Kampar aman, data terakhir dari Diskes Pelalawan disebutkan di Kuala Kampar nol konfirmasi positif dan nol suspek Covid 19.

Kepala Puskesmas Kuala Kampar Yan Benny Ayusla SKep menyebutkan kasus Covid 19 pernah ditemukan di Pulau Mendol itu,namun pasien tersebut sebenarnya bermukim di Kepulauan Karimun, dan dibrawat di sana.

"Pernah di temukan di sini orang yang positif Covid 19, tapi orang itu tinggalnya di Karimun, kebetulan ia pulang kesini, dan menunjukkan gejala klinis Covid 19, ketika rapid test, reaktif dan kita rujuk ke RS Karimun," terang Yan

Namun untuk masyarakat yang berdomisili di pulau Mendol belum satupun di temukan kasus Corona.

"Kalau penduduk yang tinggal disini belum ada," katanya

Yan juga menyebutkan penyebab tidak berkembangnya Covid 19 di Kuala Kampar, masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai petani dan nelayan itu, setiap hari bekerja di bawah terik matahari, sebagaimana sifat virus Corona itu tidak bisa bertahan di cuaca yang panas.

"Masyarakat sini bermata pencarian petani dan nelayan, dari pagi sampai sore bekerja di bawah matahari, jadi imun masyarakat sini lebih kuat," beber Yan memberi alasan

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, pihak Puskesmas bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan, kepolisian dan TNI secara rutin melakukan himbauan kepada masyarakat untuk menerapkan 3 M.

"Pasar di sini setiap hari Ahad, jadi setiap pekan, kita dari puskesmas bersama pihak kecamatan, Polsek dan TNI melakukan sosialisasi di pasar, kita minta masyarakat untuk selalu mengutamakan 4M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, 3 M itu sangat penting,"kata Yan

Untuk mengantisipasi datang nya wabah oleh para pendatang yang masuk dari luar pulau Mendol, pihak Puskesmas sudah menyiapkan petugas medis di dermaga dermaga di Kuala Kampar, setiap pendatang di haruskan memeriksa kesehatan di posko cek point.

"Di dermaga ada petugas medis dari puskesmas yang stand by, setiap ada yang datang dari luar, kita lakukan pemeriksaan kesehatan, kalau orang itu tidak ada gejala silahkan masuk, tapi kalau ada gejala bawaan, maka kita bawa ke puskesmas untuk pemeriksaan lebih lanjut atau kita rujuk ke RS Tanjung Balai Karimun," jelasnya

Yan berharap, masyarakat di kecamatan terluar Kabupaten Pelalawan ini dapat mempertahankan status zero Covid 19 nya, tentu dengan semangat mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

"Kalau kita disiplin dengan 3M, Insya Allah zero Covid 19 dapat dipertahankan," pungkas Yan Benny Ayusla (Apon)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar