Go Resto, Strategi Bertahan Pengusaha Kuliner di Masa Covid 19

Ayam Geprek Babe di jalan Srikandi Pekanbaru

PEKANBARU (Riaubernas) - Pemilik Resto Geprek Babe, Novi Hendri Mukhlis (47) merasa bersyukur usaha kuliner yang di rintis nya masih bertahan di tengah Pandemi Covid 19 saat ini.

Satu satu nya alasan tetap bertahannya bisnis yang sudah di lakoninya selama empat tahun ini, karena Novi memanfaatkan fitur layanan pemesanan makanan Go Restro milik platform teknologi terbesar, Go jek.

Lewat aplikasi Go resto, mantan Chef hotel berbintang di Pekanbaru ini masih bisa mempertahankan omzet walau tanpa pelanggan yang datang untuk makan di resto Ayam Geprek miliknya.

"Kalau sebelum corona, omzet dari pelanggan yang makan di sini mencapai dua jutaan per hari nya, kalau sekarang, sedikit sekali pelanggan yang datang makan disini, bisa hitungan jari," kata Novi Hendri kepada Riaubernas, Sabtu (3/10/2020)

"Beruntung saya bergabung sebagai mitra di aplikasi Go Resto, gojek. Pesanan Alhamdulillah selalu ada, masih bertahan di situasi ekonomi yang sulit saat ini," imbuhnya

Novi mengakui, jika tanpa bergabung dengan go Resto dipastikan usahanya itu sudah gulung tikar, pendapatan nya dalam satu hari dari pelanggan yang makan di tempat, tidak akan mencukupi biaya operasional usaha. Apalagi untuk menopang anggaran rumah tangga satu keluarga.

"Sebelum covid, omzet nya sekitar 2 jutaan lah, kalau sekarang Alhamdulillah masih bisa bertahan di angka satu juta delapan ratusan, omzet itu yang paling banyak ya dari go Resto itu, kalau pelanggan yang makan disini sangat sedikit sekali," tambahnya

Resto Ayam Geprek Babe lebih beruntung di bandingkan bisnis serupa tanpa bermitra dengan fitur nya aplikasi gojek itu, disebut Novi, banyak kawannya dengan usaha sejenis sudah gulung tikar bersamaan dengan mewabahnya pendemi Covid 19.

"Banyak kawan saya tutup usahanya, warung pecel lele dan ayam geprek pada tutup, karena nggak ada yang makan di luar sekarang, makanya kita dituntut harus kreatif mengikuti perkembangan teknologi, harus mengikuti tren kekinian, kalau untuk kita di usaha kuliner, ya harus gabung go Resto atau Gofood," tegasnya

Sebagai mitra Go Resto, Novi sadar konswekensi kemitraan yang harus ia ikuti, kebersihan dan higienitas dari makanan, keamanan packing serta kecepatan dalam mempersiapkan order harus pula di nomor satukan.

Apalagi, Go food sejak awal sudah menerapkan standar tinggi sebagai pedoman bagi mitra merchant dalam proses produksi dan distribusi makanan di masa status darurat kesehatan Covid 19.

"Kebersihan dan higienitas sesuatu yang mutlak menjaga kepercayaan mitra dan pelanggan, packing makanan juga jadi perhatian kita, harus aman, ditambah lagi, kecepatan dalam mempersiapkan pesanan itu juga kita utamakan,"bebernya

Di Resto Ayam Geprek Babe, Novi juga mengikuti panduan kesehatan dari WHO, yakni pengunaan masker, pengecekan suhu tubuh dan penggunaan segel pengaman (saat pengantaran).

"Kita juga melakukan semprot rutin disinfektan, ada tempat cuci tangan yang kita sediakan, karyawan kita juga harus mengikuti protokol kesehatan, harus pakai masker standar SNI,"tandasnya

Kepada penikmat ayam geprek yang berdomisili di jalan Srikandi dan sekitarnya, atau bisa juga pecinta ayam geprek di kota Pekanbaru bisa memesan makanan di resto Ayam Geprek Babe lewat aplikasi Go Resto.

"Kita bisa di jumpai di aplikasi go resto atau go food," tandasnya

Kemudahan dalam melakukan pemesanan makanan lewat fitur go food di aplikasi go kek dirasakan oleh Muhammad Rendiko (35), security di salah satu kantor pemerintah ini sering memesan makanan secara daring.

Menurutnya, dengan memesan makanan lewat aplikasi go food menyelesaikan kebutuhannya tanpa meninggalkan tanggung jawab Jawa saat tugas.

"Kalau tugas shift malam, kadang sering lapar, tidak mungkin meninggalkan tugas untuk cari makanan, dengan adanya gofood, semua jadi mudah. Tinggal buka aplikasi go jek, banyak macam kuliner yang bisa di pesan," kata Rendi

Di masa Pandemi Covid 19 saat ini, Rendi tidak menyangsikan kebersihan dan keamanan pesanan makanan yang di bawa driver go jek. Dirinya yakin standar pelayanan go jek, dan mitran merchant tidak di ragukan lagi.

"Yakin dengan gojek dan mitra nya, aman dan sehat" pungkasnya.

Reporter : Samsul Bahri

Editor : Samsul Bahri


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar