Tak Ada Lagi Zona Merah Covid 19 di Jawa Barat

Ketua Gugus Tugas Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan perkembangan terkini terkait Covid 19 di Jabar

JABAR (Riaubernas) - Kabupaten / kota se Provinsi Jawa Barat (Jabar) saat ini sudah tidak lagi berada di zona merah reziko tinggi penyebaran Covid 19. 

Kabar baik ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat Ridwan Kamil yang menegaskan per pekan ini tidak ada lagi kabupaten/kota yang berstatus Zona Merah.

RK merinci, dari 27 kabupaten/kota yang masuk level kewaspadaan, ada 17 daerah yang masuk ke dalam Zona Kuning (Risiko Rendah) dan 10 daerah diantaranya masuk dalam Zona Oranye (Risiko Sedang).

Mencermati perkembangan penyebaran virus Corona di pekan sebekumny, seperti Kota Depok menjadi satu-satunya daerah berstatus Zona Merah di Jabar, 14 kabupaten kota Zona Kuning dan 12 daerah lainnya Zona kuning.

"Alhamdulillah, pekan ini, semua daerah tidak di zona merah, pekan lalu ada Kota Depok di zona merah," kata Ridwan Kamil, Selasa (25/8/2020).


Berdasarkan hitungan Bappenas RI, Jabar termasuk 26 Propinsi terendah angka Reproduksi Efektif (Rt) COVID-19, di bawah angka 1, yakni 0,92 rata-rata.

"(Rata-rata) angka reproduksi COVID-19 Jawa Barat ini termasuk yang rendah, karena berada di urutan 26 terendah dari 34 provinsi yang ada di Indonesia," klaim Ridwan Kamil.

Namun Tim Gugus Tugas Jabar tetap memantau peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 dalam 14 hari ke depan. Hal ini dilakukan tersebab usai libur panjang akhir pekan lalu.

"Karena masa inkubasi biasanya sepuluh sampai 14 hari, kita akan monitor apakah 14 hari dari sekarang ada lonjakan (kasus) luar biasa. Mudah-mudahan tidak ada, kalau ada lonjakan berarti itu pola dari long weekend yang nanti jadi evaluasi pengambilan keputusan dalam penanganan di pariwisata," paparnya.

"Dan kalau tidak ada lonjakan berarti itu relatif protokol (kesehatan) kita selama long weekend sangat baik," imbuhnya.

Editor : Apon Hadiwijaya
Sumber : CNBC Indonesia


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar