Hebat, Masyarakat Perawang secara Swadaya Bangun Rukan Bhabinkamtibmas

Bupati Siak Apresiasi Masyarakat Kelurahan Perawang

SIAK, RIAUBERNAS.VOM - Meski sempat terseok-seok, pembangunan Rumah Kantor Bhabinkamtibmas selama dua tahun akhirnya selesai juga. Rukan yang berlokasi di depan pasar Tuah Serumpun KM 4 Perawang Kecamatan Tualang itu akhirnya diresmikan Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjaya dan disaksikan oleh Bupati Siak Drs Alfedri. 

Efrijal, selaku ketua pembangunan Rukan  Babinkambtimas tersebut menyampaikan, pembangunan rukan ini murni atas swadaya masyarakat yang dimulai sejak dua tahun yang lalu. 

"Selama dua tahun kami masyarakat Kelurahan Perawang berinisiatif menyumbang seadanya untuk membangunkan Rukan ini," ujar Efrijal kepada awak media, Kamis (30/7/2020).

Dana yang terkumpul, lanjut dia, sebanyak 45 juta rupiah berupa uang tunai, dan sebanyak 28 juta rupiah berbentuk bahan. Sehingga ditotal kurang lebih 73 juta rupiah, yang dikumpulkan melalui sumbangan dari 81 RT di Kelurahan Perawang. 

"Meski bangunan sudah selesai tapi kami masih terutang sebanyak 16 juta rupiah lagi," jelasnya. 

Menanggapi hal itu, Bupati Siak Alfedri mengatakan, jika bangunan sudah selesai apa yang kekurangan bisa juga diselesaikan dengan baik. 

"Kita sangat bersyukur dan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang secara gotong royong bisa membangun Rukan ini. Tentunya ini sangat membantu tugas- tugas kepolisian yang sifatnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan," kata Alfedri. 

Ia berharap, Rukan Ini nantinya tempat dimana masyarakat dapat mengadu kepada Bhabinkamtibmasnya agar masalah-masalah yang terjadi dimasyarakat menjadi baik dan kondusif. Sekaligus keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat bisa terjaga. 

Kapolres Siak AKBP Doddy Ferdinand Sanjaya, menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap warga yang telah berswadaya membangun rumah kantor Bhabinkamtimbas.

“Ini bentuk kepercayaan dan kepedulian masyarakat dalam mendukung tugas-tugas kepolisian yang menjaga keamanan dan ketertiban. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh aparatur dan masyarakat Perawang,” ujarnya. 

Lanjut Doddy, ini adalah acara masyarakat, karena ini adalah kecintaan masyarakat kepada Polisi. Sebab keamanan itu adalah yang paling utama, dan Rukan ini merupakan gambaran dari masyarakat Perawang yang mendambakan rasa aman. 

"Ini rumah masyarakat yang ditempati oleh petugas Bhabinkamtibmas, jadi manfaatkanlah keberadaannya dengan baik, " ucapnya. 

Dikesempatan itu, Doddy meminta masyarakat maupun tokoh masyarakat agar masalah yang timbul di kelurahan dapat diselesaikan di tingkat Bhabinkamtibmas. 

"Jadi setiap masalah yang terjadi di sini hendak bisa diselesaikan di Rukan ini. Jangan langsung dibawa ke Polsek atau Polres," tegasnya. 

Dia berharap, dengan adanya Rumah Kantor Bhabinkamtibmas dapat mengoptimalkan tugas kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah setempat. 

Dalam kegiatan itu dilakukan penandatangan berita acara dan serah terima barang oleh Kapolres Siak dan Camat Tualang, dan penandatangan prasasti oleh Kapolres Siak. Kemudian, pengguntingan pita dan pembukaan kain penutup papan nama Rukan oleh Bupati Siak dan Kapolres Siak. (Van/Adv)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar