Ingin Porsi Haji, Ikuti Program Arrum Haji di Pegadaian

PELALAWAN, RIAUBERNAS. COM - Guna memudahkan masyarakat dalam menunaikan ibadah haji,  kini Pegadaian Cabang Pangkalankerinci memiliki Program Arrum Haji. Program ini pertama kali diluncurkan tahun 2016 oleh Pegadaian Syariah, dimana program ini memudahkan masyarakat untuk mendapatkan porsi haji dengan menggadaikan emas senilai 1,9 juta.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten Manager Operasional Pegadaian Cabang Pangkalankerinci, Sri Maharani, pada media ini di sela-sela Pertemuan mitra dakwah dalam rangka literasi keuangan syariah di Pangkalankerinci,  Kamis (7/11).

Sri menjelaskan bahwa program yang diluncurkan ini adalah untuk memudahkan masyarakat mendapatkan porsi haji dikarenakan jangka waktu tunggu keberangkatan pada saat ini untuk wilayak kerinci 20 tahun. Jika di bank-bank konvensional masyarakat harus menabung terlebih dahulu untuk mendapatkan porsi haji,  tapi dengan program ini masyarakat hanya cukup menggadaikan emas sebesar 3,5 gram atau senilai 1,9 juta. 

"Emas yang diberikan ke Pegadaian dijadikan sebagai agunan setelah itu di akad. Setelah selesai akan diantarkan ke Bank BNI Syariah dan langsung diantarkan ke kemenag untuk mendapatkan porsi. Porsi ini dibayarkan secara cicilan ke pegadaian sebesar 670rb per bulan atau 25rb per hari," terangnya. 

Dia mengatakan sejak diluncurkan di tahun 2016, sudah ribuan orang yang mengikuti program ini. Di Kabupaten Pelalawan sendiri,  ada sekitar 300 orang yang mengikuti program ini.  Karena kemudahan-kemudahannya ini membuat banyak masyarakat yang tertarik mengikuti program ini. 

"Jadi setelah nasabah mengangsur selama 5 tahun dan selesai,  maka nasabah hanya tinggal menunggu tahun keberangkatannya saja ke tanah suci dari Kemenag. Dan emas 3,5 gram yang di awal itu akan kita kembalikan," tandasnya. 

Dikatakannya,  bagi masyarakat yang ingin mendapatkan porsi haji tetapi dana belum cukup 25juta, maka pihaknya bisa membantu dan langsung ke pegadaian untuk diberi penjelasan lebih lanjut. (ndy) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar