Kwaran Ranting Tualang Gelar Aksi Sosial Perangi Sampah Plastik

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Berhubungan dengan dikeluarkannya surat edaran oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, terkait kerangka acuan kegiatan bakti masyarakat dalam rangka Hari Pramuka ke-58 tahun 2019.

Kwartir Ranting Tualang menggelar aksi sosial perangi sampah plastik di beberapa titik di Kota industri, Senin (12/8/2019). Perangi Sampah Plastik tersebut melibatkan semua anggota Pramuka, hal itu dibuktikan dengan membersihkan sampah dari Pasar Tuah Tualang, Rumah sakit Tualang, Kantor Camat, GOR, dan seluruh Gudep pangkalan sekolah baik SD, SMP, SMA sederajat.

Berdasarkan surat edaran bernomor 0347-00-E, bahwa tema yang diusung adalah Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI.

Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) 04 Tualang  Hj Zahroni Mpd, melalui Kamabigus SMPN 10 Kecamatan Tualang Nurjamliah S.Pd, mengatakan, kegiatan hari Pramuka yang ke 58 diantaranya, donor darah serentak, pada 9 Agustus 2019 kemarin. Penetapan Bulan Bakti Pramuka, pada 14 Agustus 2019 bersamaan dengan Apel Besar Hari Pramuka ke-58.


 
"Kita saat ini bersama Kamabigus dan Kagudep lain ikut giat membersihkan sampah plastik selama bulan Agustus di seluruh jajaran Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang dan kwarran se-indonesia. Tujuan diadakan, untuk pencetusan komitmen gerakan pramuka guna mengurangi sampah plastik pada saat apel besar hari pramuka ke-58 secara serentak di seluruh Indonesia," jelas Nurjamliah, menyampaikan arahan dari Kwarnas Indonesia itu.
 
Dijelaskannya, kegiatan ini diadakan guna membiasakan anak, terbiasa membuang sampah pada tempatnya, baik itu di sekolah maupun saat dia berada di rumahnya.

"Kedepan anak-anak agar faham dan mengerti untuk dapat mengurangi penggunaan plastik. Selain itu juga sebagai wadah memadukan gerak dan langkah jajaran gerakan pramuka dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan melaporkan pelaksanaan kegiatan bakti masyarakat dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019. (van)

 

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar