Bidan Desa Kuala Terusan Jarang Masuk, Ini Kata Kapus Kerinci I

Ilustrasi/net

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Masyarakat yang berada di Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalankerinci, mengeluhkan soal jarangnya bidan desa yang berada i desa tersebut. Keluhan ini mengakibatkan banyaknya masyarakat yang membutuhkan pertolongan jadi terkendala karena tak adanya bidan yang ditugaskan di desa tersebut.

Hal ini dikeluhkan warga Kuala Terusan RT 3 RW 2 yang meminta namanya diinisialkan saja, AR, pada media ini, Sabtu (20/7). Menurutnya, selama ini bidan yang ditugaskan di desa Kuala Terusan tak ada pernah ditempat sehingga masyarakat jadi kesulitan jika membutuhkan pertolongan bidan.

"Jarang di sini, Bang, tak pernah ada ditempat. Dateng cuma seminggu sekali kalau ada acara Posyandu saja. Kadang kami telpon jarang juga datang padahal masyarakat di sini membutuhkan kesiapan bidan yang bisa 24 jam berada di sini. Jadi bingung kami, mo ke bidan bidannya gak ada, mau ke puskesmas duit tak ada," keluhnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Kerinci 1, Dr. Nurmaini, saat dikonfirmasi soal ini mengakui hal tersebut, Minggu (21/7). Menurutnya, keberadaan bidan Rahma yang ditugaskan di Desa Kuala Terusan bukannya tak berada di tempat namun saat ini memang bidan tersebut tengah diperbantukan ke Puskesmas dalam rangka penilaian akreditasi Puskesmas.

"Bidan itu bukannya tak pernah masuk di Desa Kuala Terusan, Bang, tapi memang saat ini tengah diperbantukan ke Puskesmas Kerinci I karena saat ini Puskesmas kita akan dinilai dalam akreditasi Puskesmas. Jadi sementara ini bidan Rahma diperbantukan ke Puskesmas Kerinci I sampai bulan Agustus," katanya.

Lanjutnya, selama ini bidan tersebut tak pernah ada masalah, baik soal administrasi maupun soa kehadiran. Apalagi bidan tersebut sudah lama berada di situ dan selama ini masyarakat 'welcome' saja atas kehadirannya.

"Selama ini tak ada keluhan soal itu, Bang. Dia sudah lama kok berada di situ, kalau sekarang jarang masuk ya karena sedang diperbatukan saja ke Puskesmas Kerinci I dalam rangka penilaian Akreditasi Puskesmas," tuaksnya. (ndy)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar