Wujudkan Generasi Muda Gemar Membaca Alqur'an, TPA/TPQ Se Pangkalan Kerinci Gelar Lomba MTQ

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Ilmu agama pada diri setiap anak merupakan kewajiban orang tua, baik dalam konteks pendidikan informal keluarga, serta formal di sekolah seperti guru atau juga di masyarakat‎, tempat dimana anak tersebut bergaul.

Pesan-pesan agama menjadi penting artinya, sebab dengan dasar-dasar agama yang kuat inilah, bangsa ini akan terjaga moralitasnya untuk mewujudkan bangsa yang berdaulat, bermartabat dan bermoral.

Untuk itu, guna mengimplementasikannya, Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Se-Kecamatan Pangkalan Kerinci menggerlar perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tahun 2018.

Selain itu, kegiatan lomba MTQ Kecamatan Pangkalan Kerinci dalam rangka memperingati Perayaan Hari Besar Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriyah, Minggu (25/11/2018) di Masjid Besar Al-Muttaqin Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Adapun Tema yang diangkat dalam kegiatan perlombaan MTQ tersebut adalah ”Mewujudkan Generasi Muda Gemar Membaca Al Qur’an, Menjadikan AlQur’an Sebagai Pedoman Hidupnya”.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Ustadz Ricki Candra mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan perlombaan MTQ Tingkat TPA/TPQ se Kecamatan Pangkalan Kerinci ini adalah, selain dalam rangka memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M.

Juga sebagai upaya untuk menambah wawasan keislaman dan kemampuan anak dalam membaca dan mencintai AlQur’an dikalangan santri-santri, serta untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah, dan mempererat tali silahturahmi antar TPA/TPQ se Kecamatan Pangkalan Kerinci.

“Insya Allah, lomba MTQ tingkat anak-anak TPA/TPQ akan diikuti sebanyak 70 TPQ se-Kecamatan Pangkalan Kerinci,” ujarnya kepada Riaubernas.com, disela-sela acara perlombaan.

Lebih lanjut dikatakan Riki Candra, sasaran yang dicapai dalam kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H tingkat anak-anak ini adalah, sebagai gerakan untuk mendidik anak-anak muslim untuk gemar membaca AlQur’an, membina anak-anak santri untuk mampu menghafal surat AlQur’an. Mampu melakukan Tilawah AlQur’an berlagu, serta terciptanya anak-anak santri yang berakhlakul karimah dan memiliki pengetahuan Islam yang luas.

Ricki Candra berharap, kiranya kegiatan perlombaan MTQ tingkat anak-anak TPA/TPQ se Kecamatan Pangkalan Kerinci ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan, dan menjadi cikal bakal untuk pertumbuhan generasi muda yang gemar dan cinta Al Qur’an.

Dalam kegiatan perlombaan MTQ tingkat TPA/TPQ se Kecamatan Pangkalan Kerinci, juara umum diraih TPQ Khairuddin yang beralamat di Jalan Jambu Gg Kelapa. (pon)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar