Tahun 2016, Pemkab Rohil Terhutang Rp 362 Miliar

Bupati Rohil, H. Suyatno

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) sudah menghitung kegiatan 2016 yang belum dibayarkan atau tunda bayar. Secara keseluruhan semuanya mencapai Rp362 Miliar dan akan diselesaikan pada tahun 2017.

"Tunda bayar itu akan menjadi hutang kita, bukan tak dibayarkan hanya saja pembayarannya ditunda dan tahun ini akan kita selesaikan," terang Bupati Rohil, H Suyatno Amp, akhir pekan lalu, di Bagansiapiapi.

Suyatno mengatakan bahwa dirinya mengucapkan terima kasih pada pihak rekanan yang telah menyelesaikan pekerjaan pada tahun 2016 lalu.

"Kita ucapkan terima kasih kepada rekanan pihak ketiga, kemudian kita juga minta bersabar karena pasti akan kita bayarkan," tegasnya.

Katanya, kondisi ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Rokan Hilir saja, akan tetapi juga terjadi hampir di setiap kabupaten/kota. Bahkan jumlahnya ada juga yang di atas hutang kita.

"Kota Pekanbaru itu hutangnya di atas kita, sama halnya dengan Kabupaten lainnya karena memang kondisi keuangan 2016 lalu yang tidak stabil. Program sudah dikerjakan namun ada beberapa yang menjadi hak tak kunjung dikirim oleh pusat," bebernya.

Lanjutnya, dirinya berharap tahun 2017 bisa tuntas dibayarkan dan tidak terulang kembali kejadian yang sama.

"Kita yakin 2017 ini semua berjalan lancar, karena APBD sudah kita ketok palu dan program yang disusun sesuai dengan jumlah uang yang ada," terang Suyatno.

Dikatakannya, ia berharap agar Satker-Satker bisa melakukan penyerapan anggaran secara maksimal sehingga target tahun 2017 ini biasa diatas 90 persen.

"Maksimalkan anggaran yang ada, semua yang di programkan agar dijalankan, kalau bisa harus sudah tuntas sebelum akhir tahun," pungkasnya. (nto)



Editor    : Andy  I


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar