Mantap, Menkeu Sri Mulyani Akan Cairkan Dana Bantuan Korban Gempa Aceh

Menkeu RI, Sri Mulyani Indrawati (Int.)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) segera menyalurkan dana untuk bencana alam yang terjadi di Pidie Jaya, Banda Aceh. Namun untuk pencairannya dibutuhkan waktu sekitar tiga hari.

"Biasanya emergency butuh some times lah, emergency kan kayak saya tadi pagi report-nya masih berlangsung, jadi menolong fokus dalam 1-3 hari, kalau earthquake kan beda sekali dengan yang lainnya. Mungkin lokasinya, tapi apakah ada korban-korban yang kerusakan dan lain-lain," terang Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Hotel Hilton, Bali, seperti dikutip detik.com, Rabu (8/12/2016).

Sri Mulyani mengatakan, bahwa pemerintah memiliki dana cadangan untuk penanganan bencana alam. Untuk tahun ini anggarannya adalah Rp 3 triliun, sementara Rp 1,5 triliun di dalamnya bersifat dan darurat yang bisa direalisasikan lebih cepat.

"Jadi untuk bencana alam Aceh sesuadah tanggap darurat dilakukan assessment, pasti nanti akan muncul kebutuhan anggaran dan kita akan anggarakan untuk membiayai itu," katanya.

Hal yang sama sebenarnya juga dilakukan ketika ada bencana Tsunami Aceh sekitar 12 tahun yang lalu. Pemerintah sudah menyiapkan dana, untuk segera membantu persoalahan daerah tersebut. Biasanya ada mekanisme menentukan rusak parah, rusak sedang, rusak ringan, dan ada cara pemerintah untuk bantu itu.

"Kita akan coba agar Aceh nggak alami penderitaan yang terlalu besar karena bencana ini," pungkasnya. (***)


Editor    : Ai
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar