Puji Inovasi Bripka Ripal, Kapolres Inhu Serahkan Akte Gratis

Puji Inovasi Bripka Ripal, Kapolres Inhu Serahkan Akte Gratis

INHU, RIAUBERNAS.COM - Sebanyak 250 warga Desa Pasir Kerjanji dan Desa Batu Gajah, Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau, terima Kartu Keluarga (KK) serta Akte secara gratis dari Polres Inhu, melalui Program Inovasi Bhabinkamtimas Bripka Ripal Indrawarta, SH yang berklaborasi dengan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Inhu.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Pasir Penyu Kompol Edi Yasman melalui Program Inovasi yang digagas Bhabinkamtimas Desa Batu Gajah dan Desa Pasir Keranji Bripka Ripal Indrawarta yang berklaborasi dengan Dinas terkait, berhasil membantu masyarakat dalam memperoleh hak administrasi berupa KK, Akte dan KTP. Program Inovasi tersebut bertujuan membantu masyarakat yang selama ini belum taat Adminduk.

"Melalui program Inovasi ini Bhabinkamtimas membantu pemerintah Desa mensosialisikan masyarakat taat tertib Adminduk. Kegiatan tersebut juga tidak terlepas dari kerjasama Pemerintahan Desa dan Dinas terkait dalam membantu masyarakat memperoleh haknya dalam memenuhi Administrasi seperti KK, Akte dan KTP. Ini merupakan program yang luar biasa, dan tidak hanya program ini saja, melainkan masih banyak yang sudah di gagas Bripka Ripal, seperti Taman Baca, karena Pandemi maka kegiatan taman baca sementara tutup," ungkap Kompol Edi Yasman.

Camat Pasir Penyu Bambang Indramaewan mengatakan, Program Inovasi taat Adminduk yang dimotori oleh Polres Inhu melalui Bhabinkamtimas ini, merupakan program luar biasa dan sangat membantu pemerintah baik Kecamatan serta Desa dalam memenuhi hak masyarakat memperoleh KK, Akte, dan KTP.

"Pemerintahan Pasir Penyu sangat bersyukur dan memberikan apresiasi kepada kawan-kawan yang sudah melaukan kordinasi dengan pemerintah dalam membantu masyarakat memperoleh Administrasi seperti KK dan Akte, karena Adminduk itu merupakan kebutuhan pokok administrasi," papar Camat Pasir Penyu.

Atas dukungan Camat terhadap Program Inovasi yang di gagas Bhabinkamtimas Bripka Ripal, pemerintahan Kecamatan dan Pemerintahan Desa sangat terbuka untuk membantu masyarakat dalam taat Adminduk serta siap berklaborasi.

"Pemerintahan Kecamatan Pasir Penyu siap berkalaborasi. Dan buat masyarakat, mari ditengah pandemi selalu menjaga prokes serta mendukung program Vaksinasi," tutup Camat.

Sedikit pemaparan juga disampaikan Kepala Dinas Disdukcapil yang diwakili Plt Sekertaris Tri Joni, bahwa Adminduk sangat penting dan merupakan sebagian kwajiban yang harus di miliki masyarakat. Dalam pengurusan seperti KK, Akte, dan KTP tidak lah sulit, dalam satu hari selesai jika semua memenuhi syarat. Oleh karena itu juga Disdukcapil sangat mendukung program Inovasi ini untuk membantu masyarakat serta semuanya pengurusan tidak di pungut biaya.

Disdukcapil Inhu sendiri juga memiliki target dalam memenuhi semua ini, ditahun 2021 sudah mencapai 80 persen. Tentunya dengan Program Inovasi yang didorong Polres Inhu melalui Bhabinkamtimas, bisa mencapai target dalam membantu masyarakat memperoleh Administasinya seperti KK dan Akte.

"Sekali lagi Kami mengucapkan terimakasih sudah membuat inovasi yang membantu masyarakat dalam pemenuhan hak administrasi, mudah-mudahan program ini berjalan terus serta saling bersinergi lebih lanjut," papar Tri Joni.

Sementara itu, Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso, S.Ik, M.Si mengatakan, program Inovasi yang di gagas Bhabinkamtimas Bripka Ripal nantinya juga akan di arahkan ke setiap Polsek dan Bhabinkamtimas agar mencontoh seperti ini, karena program Inovasi dibuat untuk kepentingan bersama dan akan bermanfaat bagi masyarakat banyak dalam memperoleh adminsitrasi seperti KK, Akte, dan KTP, tentunya semua tidak terlepas dari Dinas Terkait.

Masih kata Kapolres, apalagi dalam pengurusan administrasinya bisa dikerjakan dalam satu hari, tentu ini sangat membantu masyarakat yang notabenenya masyarkat berlokasi jauh dari Dinas Capil. Dengan adanya program Inovasi Bhabinkamtimas bisa membantu masyarakat memperolehnya.

"Kartu Keluarga, Akte, dan KTP itu sangat penting yang harus dimiliki masyarakat, baik memenuhi segala urusan yang berhubungan dengan administrasi, jangan pernah berfikir hal ini tidak penting, mungkin suatu saat akan berguna bagi anak maupun anak cucu kita," jelas AKBP Bachtiar Alponso, Jum'at 17 September 2021.

Atas program Inovasi ini, Kapolres memuji keberhasilan Bhabinkamtimas Bripka Ripal, dan Kapolres juga akan memerintahkan setiap Kapolsek membuat program seperti ini. "Terimakasih atas Inovasinya Bripka Ripal dan ini juga merupakan Jum'at berkah, kami berupaya memberikan pelayanan terbaik buat masyarakat dan mudah-mudahan apa yang diberikan hari ini bermanfaat," tutup Kapolres.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga mengajak semua masyarakat selalu mengikuti prokes dan melaksanakan Vaksinasi Covid-19, karena Covid itu tidak tampak dimata namun nyata adanya.
 
Ucapan terimakasih juga disampaikan PJ Kades Pasir keranji Guswanto dan Kades Batu Gajah Endang Triwahyuni, atas keberhasilan Program Inovasi yang digagas Bhabinkamtimas Bripka Ripal membantu masyarakat dalam mendapatkan KK, Akte dan KTP.

"Terimakasih kami ucapkan kepada Polres Inhu dan Bhabunkamtimas yang sudah membantu warga kami. Nantinya kami juga akan mendata masyarakat yang belum memiliki administrasi tersebut serta meminta masyarakat agar taat adminduk," ucap PJ Kades Pasir Keranji Guswanto didampingi Kades Batu Gajah.

Ditempat terpisah, Sobiri (48), masyarakat Desa Batu Gajah yang menerima Akte Kelahiran anaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada Kapolres Inhu dan Bhabinkamtimas Ripal atas bantuannya memperoleh KK dan akte, karena selama ini tidak punya KK maupun akte Anak.

"Baru kali ini punya akte pak dan saya ucapkan terimakasih, bukan saya tidak mau membuat, tapi bingung serta tidak mengerti, berkat pak Ripal saya bisa memiliki semua ini," ucap Pak Sobiri dengan bahagia sambil meneteskan air mata.

Penyerahan Akte Gratis dan Kartu Keluarga secara simbolis dilakukan oleh Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso, S.Ik, M.Si kepada perwakilan masyarakat yang menerima, dan memberikan paket sembako, juga didampingi Kapolsek Pasir Penyu Kompol Edi Yasman, SH, Camat Pasir Penyu Bambang Indramarwan, Danramil 04 Kapt.Inf Hb Sitepu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Inhu Saiful diwakili Plt Sekertaris Tri Joni SH. (Pt)