Belajar Asyik Ditengah Pandemy, Aplikasi Quizizz Terbukti Mampu Meningkatkan Hasil Belajar

Belajar Asyik Ditengah Pandemy, Aplikasi Quizizz Terbukti Mampu Meningkatkan  Hasil Belajar
Hasanatul Khairiah.S.Pd, Guru Bahasa Inggris SMPN 1 Teluk Meranti Pelalawan Riau

Memburuknya situasi pandemy covid-19 membuat pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang drastis sehingga kualitas pendidikan mengalami kemunduran beberapa langkah. Alasan kemunduran ini di dasari karena situasi merebaknya virus corona(covid 19) di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Untuk mencegah penyebaran virus covid 19 di lingkungan sekolah, pemerintah mengeluarkan surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (Covid-19), Mendikbud menghimbau semua lembaga pendidikan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ)melalui daring online. Menurut Undang-Undang SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003 Pendidikan Jarak Jauh adalah Pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari sumber belajar melalui teknologi informasi dan komunikasi dan media lain. Sedangkan, pembelajaran daring menurut Isman merupakan proses pembelajaran yang memanfaatkan jaringan internet dalam proses pembelajaran(Isman: 2017).       

Sejak ditetapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) guru dituntut lebih kreatif dalam memberikan materi agar siswa tidak merasa bosan dan terbebani dengan tugas akademisnya. Karena selama berlangsungnya pembelajaran jarak jauh tidak sedikit kendala yang dihadapi guru maupun siswa sehingga proses pembelajaran berjalan kurang maksimal khususnya pada pelajaran Bahasa Inggris. Kendala-kendala dalam menyampaikan materi ini menyebabkan motivasi,pengetahuan,pemahaman dan hasil belajar telah menurun. Pelajaran Bahasa Inggris sendiri merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan guna meningkatkan keterampilan siswa untuk berbahasa. Inti dasar penguasaan bahasa adalah sebagai suatu alat untuk berkomunikasi. Selain itu bahasa inggris  merupakan alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan,teknologi dan budaya. Oleh karena pentingnya pelajaran ini, maka peran guru saat proses pembelajaran jarak jauh ini di tuntut untuk lebih jeli dan terampil dalam menerapkan strategi pembelajaran agar pembelajaran bisa berjalan secara efektif, aktif, kreatif, menyenangkan serta bisa meningkatkan motivasi,pemahaman maupun hasil belajarnya.Dalam prakteknya guru harus menguasai bermacam-macam metode serta pandai memanfaatkan media sebagai sarana dalam mengajar. Metode mengajar adalah cara yang dilakukan untuk saling  berinteraksi sehingga proses berjalan dengan baik  sehingga tujuan pembelajaran  dapat tercapai (Suprijono, Agus, Cooperative Learning ,Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2009 hal 4).Sedangkan media mempunyai peran penting dalam Pendidikan sebagai suatau sarana atau perangkat yang berfungsi sebagai perantara atau saluran dalam suatu proses komunkasi antara komunikator dan komunikan(Asyar,2011).Media yang dapat di gunakan untuk membantu proses pembelajaran antara lain media visual, media audio, media vidio, media cetak, media multimedia maupun aplikasi berbasis internet. Tujuan pembelajaran di sekolah akan tercapai apabila metode maupun media yang digunakan sesuai dengan kelengkapan materi yang akan disampaikan. 

Penulis sebagai guru Bahasa Inggris kelas VIII dan IX semester ganjil pada Tahun pelajaran 2020/2021 di SMPN 1 Teluk Meranti,memilih memanfaatkan media berupa aplikasi QUIZIZZ untuk meningkatkan keterampilan dan penguasaan materi dalam mata pelajaran Bahasa inggris. Alasan lain penggunaan aplikasi ini salah satunya untuk menarik minat siswa dalam belajar, karena selama ini sering dijumpai beberapa siswa mulai bosan dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran secara online. Kondisi diatas tentunya berdampak pada penurunan motivasi, keterampilan, pemahaman dan hasil belajarnya. Penurunan ini terlihat ketika guru mengecek kedisiplinan serta mengadakan tes kemampuan dasar bahasa inggris siswa melalui Google Form. Dari sejumlah siswa kelas VIII dan IX , Sebanyak 147 siswa,terlihat hanya 60% yang mampu menguasai materi dan mengerjakan soal dengan benar sehingga mendapatkan nilai rata-rata 80 melampaui batas kkm.

Sedangkan 45% siswa  keterampilan dan penguasaan materi masih rendah sehingga hanya mendapatkan nilai dibawah kkm. Melihat Kondisi ini tentunya tidak boleh dibiarakan berlarut-larut sehingga perlu segera dicarikan solusi dalam mengatasinya. 
Setelah di evaluasi, penulis menyimpulkan bahwa penurunan tersebut dikarenakan strategi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sebelumnya kurang menarik sehingga mengurangi motivasi siswa dalam belajar. Selain itu, keterampilan dan penguasaan materi  bahasa inggris siswa masih rendah sehingga menyebabkan hasil belajarnya rendah. Melihat kondisi itulah penulis mencoba memanfaatkan aplikasi Quizizz untuk menarik perhatian, memacu motivasi,menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan maupun hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa inggris. 

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan. Aplikasi dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR), sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. Dengan quizizz ini, siswa akan merasa ditantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat, kecepatan akan ada skor sendiri. Selain itu akan ada persaingan, karena quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antar peserta quizizz.

Menyenangkan karena akan ada suasana musik untuk menyemangati, dan juga meme yang lucu serta menyemangati.
Kelebihan dari quizizz bagi siswa adalah siswa tidak dapat mencontek sesama temannya, karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau melihat buku catatan miliknya. Setelah mengerjakan kuis, siswa dapat mengetahui rangking yang dia dapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal tersebut. tidak hanya itu, siswa juga mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakannya.

Adapun langkah-langkah pembelajaran yang telah dilakukan penulis melalui aplikasi quizizz yaitu:1). Guru menyiapkan materi sesuai dengan topik pembelajaran siswa melalui video atau berbentuk materi ajar yang dibagikan kepada siswa melalui group whatsapp. 2) Guru mengakses aplikasi Quizizz sebagai guru atau admim quiz serta mendisain model soal, tampilan dan setingan lain nya yang diperlukan sebelum kuiz diakses oleh siswa. 3).Guru menyampaikan materi pembelajaran kemudian menginformasikan pentingnya pembelajaran dengan memanfaatkan beberapa aplikasi yang mendukung melalui platform tersebut. 4).Guru meminta siswa untuk mendowload aplikasi quizizz sebagai sarana belajar. 5).Guru membimbing siswa cara mendaftar, mendownload aplikasi di play store. 6) Guru membimbing siswa untuk dapat mengakses materi dan latihan yang sudah disipakan dengan membagikan nama dan kode  kuiz agar siswa dapat mengakses materi dan latihan yang sudah dipersiapkan guru sebelum pembelajaran. Siswa mengkakses materi dan quiz selama waktu yang sudah ditentukan. Pada akhir kuis, siswa dapat mengetahui nilai secara langsung dan peringkat yang didapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal. Guru dapat mengetahui peserta didik yang menjawab benar atau salah dan siswa yang mendapatkan skor paling tinggi atau rendah. Sehingga dari hasil statistik dari aplikasi quizizz ini , guru dapat memetakan tingkat ketercapaian materi dari setiap pembelajaran. 7) Setelah penggunaan dirasa cukup, guru membuka ruang untuk berkomunikasi dan season tanya jawab mealalui group whatsapp .8) Untuk mengukur penguasaaan materi dan peningkatan pengetahuan siswa,  guru mencoba memberikan soal tes yang harus di jawab cepat melalui aplikasi google form serta memberikan tugas yang lain untuk pertemuan selanjutnya. 9).Di akhir kegiatan mengevaluasi pembelajaran, merangkum, memberi penguatan,motivasi,apresiasi dan selalu mengingatkan siswa untuk selalu menjaga kesehatan dan 5 M.

Aplilkasi quizizz sangat mengedukasi,aplikasi ini hadir dengan pelayanan yang seru layaknya sebuah game.Aplikasi ini sebagai bentuk kemajuan teknologi yang digunakan dalam pembelajaran disekolah dapat berfungsi sebagai edukasi yang bisa mendukung dan memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran bahasa inggris. Ketika belajar dengan quizizz,  tidak hanya visual dan kemampuan membaca yang meningkat akan tetapi kemampuan mendengar serta berbicara juga bertambah disaat bersamaaan. quizizz juga menerapkan adanya evaluasi sebagai pengingat akan hal-hal yang sudah dipelajari sekaligus penguji untuk kemampuan berbahasa sehingga sangat bermanfaat untuk memotivasi agar siswa terus belajar. . Peningkatan hasil belajar siswa ini diketahui setelah guru mengkoreksi hasil tes dari keseluruhan siswa kelas VII berjumlah 63 anak 100% semuanya telah mampu mendapatkan nilai rata-rata 90 melampaui batas kkm. Untuk itu tidak ada salahnya penulis mengajak rekan sesame guru untuk mencoba memanfaatkan aplikasi quizizz ini. (Oleh : Hasanatul Khairiah.S.Pd Penulis adalah Guru Bahasa Inggris SMPN 1 Teluk Meranti Pelalawan Riau)