Cegah Karhutla, Koptu Gunawan Bersama Masyarakat Sisir Lahan dan Hutan

Cegah Karhutla, Koptu Gunawan Bersama Masyarakat Sisir Lahan dan Hutan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Sri Gemilang Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Koptu Gunawan bersama masyarakat menyisir hutan dan lahan yang dinilai rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kampung Sri Gemilang Kecamatan Koto gasib Kabupaten Siak.

Hal itu dilakukan Koptu Gunawan agar bisa mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kampung yang ia cintai ini. "Kita sampaikan kepada masyarakat jangan bakar hutan dan buka lahan dengan cara membakar. Kalau tidak akan berurusan denga pihak berwajib," kata Koptu Gunawan disela-sela melaksanakan kegiatan patroli Karhutla di Kampung Sri Gemilang Kecamatan Koto gasib Kabupaten Siak, Jum'at (2/7/2021).

Ia juga menjelaskan dampak yang ditimbulkan dari Karhutla ini cukup besar, mulai dari merusak ekosistem hutan sampai menyebabkan polusi udara. "Jadi, jangan coba-coba, apabila terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan, siap-siap di Pidana," tegas dia. 

Dalam melakukan patroli, Koptu Gunawan dinilai bisa membantu masyarakat, dalam segi memberi pemahaman. "Saat ini masyarakat tidak bisa sembarangan lagi membuka lahan dengan cara membakar, dan masyarakat berjanji tidak akan membakar hutan dan lahan," pungkasnya. (Van)