Sempat di Kunjungi PT SSR Inhu, Sekolah SD Kelas Jauh Desa Pesajian Akan Dibangun

Sempat di Kunjungi PT SSR Inhu, Sekolah SD Kelas Jauh Desa Pesajian Akan Dibangun

INHU, RIAUBERNAS.COM - Sekolah Dasar Kelas Jauh di Dusun Air Dingin, Desa Pesajian, yang berinduk dengan SDN 011 Kecamatan Batang Pranap yang berbatasan Dharmasraya dan Provinsi Jambi ini, akan segera di bangun.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Inhu, Erlina Wahyuningsih mengatakan, anggaran untuk membangun sarana prasarana sekolah seperti Ruang Kelas Baru (RKB) hingga kamar kecil memadai bersumber dari APBD dan DAK.  “Tahun ini ada lima paket kegiatan untuk SD 011 Pesajian yang merupakan induk dari dua sekolah kelas jauh di sana,” katanya, Jumat (25/6/2021).

Saat ini paket kegiatan itu masih dalam proses lelang. “Kegiatan ini masuk dalam program nasional untuk daerah tiga T. Maksudnya daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal,” katanya.

Diharapkan dengan adanya penambahan RKB ini akan semakin memotivasi siswa untuk meneruskan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. “Situasi pandemi telah memberikan banyak pengaruh di beberapa sektor termasuk pembangunan. Tapi Pemkab Inhu akan terus berusaha bersinergi, terutama di dunia pendidikan,” katanya.

Selama ini, 337 murid yang belajar di dua sekolah kelas jauh itu harus belajar dengan kondisi sekolah memprihatinkan. Bangunannya masih berdinding papan. Namun mereka tak punya pilihan, jarak ke pusat kota memakan waktu sampai 6 jam perjalanan.

Sebelumnya Sekolah tersebut menuai perhatian dari berbagai pihak karena kondisi sekolah yang memprihatinkan. Salah satu perusahaan di Inhu seperti PT. SSR dan PT. SIR sempat mendatangi sekolah tersebut memberikan bentuk peduli dengan memberikan Kado Naik Kelas berupa Seragam Sekolah bagi anak-anak didik. (Van)