Pembelian Lampu Lampion, Bupati Janji Dianggarkan Tahun 2017

Pembelian Lampu Lampion, Bupati Janji Dianggarkan Tahun 2017
Bupati Suyatno saat melepaskan lampu lampion ke udara

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) akan menganggarkan pembelian Lampu Lampion untuk kebutuhan masyArakat Tionghoa dalam menyambut Tahun Baru Imlek dan Perayaan Malam Cap Go Meh. Penganggaran ini dilakukan mengingat geliat wisata dua agenda tahunan itu sangat meningkat dan mampu mendatangkan wisatawan di Negeri Seribu Kubah.

Hal ini disampaikan Bupati Rohil, H Suyatno Amp disela-sela menghadiri Perayaan Malam Cap Go Meh, Rabu (24/2) malam kemaren, di depan kelenteng Ing Hok King, Bagansiapiapi. Menurutnya, jika Kota Bagansiapiapi lebih banyak dihiasi dengan lampion tentu semakin cantik dan indah.

"Makanya di tahun 2017 mendatang, kita akan mengusulkan ke DPRD agar dibuatkan anggaran khusus untuk pembelian lampion," ujarnya.

Menurutnya, pembelian lampion ini selain mendukung event besar warga Tionghoa juga akan mempercantik kota. "Lihat saja Kota Pekanbaru yang setiap tahunnya terlihat cantik dengan pernak-pernik lampion. Padahal menurutnya warga Tionghoa itu lebih banyak di Bagansiapiapi, makanya kita akan upayakan memasukan anggaran khusus untuk pembelian lampion," ungkapnya.

Katanya, jika usulan ini dipenuhi, maka lampion itu nantinya akan dipasang di setiap sudut Kota Bagansiapiapi. Bahkan nantinya, akan dipasang juga lampion berukuran besar yang diletakan dengan ketinggian 20 meter sehingga bisa terlihat dari kejauhan.

"Selama ini kita masih terfokus pemasangannya hanya di beberapa jalan saja, makanya tahun depan akan kita pasang di setiap sudut Kota Bagansiapiapi," katanya.

Untuk itu, lanjutnya, dirinya meminta agar hal ini diprioritaskan dan masuk ke dalam anggaran khusus, dengan harapan tahun depan kedua ivent besar ini lebih banyak dikunjungi wisatawan.

"Kita ingin Bagansiapiapi ini menjadi pusat wisata, apalagi nanti kalau sudah ada akses transportasi ke Pulau Jemur, pasti Kota Bagan ini ramai dikunjungi wisatawan," ujarnya. (adv/hms/ar)



Editor    : Ai