Tinjau Perlombaan MTQ ke XI Saat Pandemi Covid-19, Yudha Akui Antusias Peserta Masih Tinggi

Tinjau Perlombaan MTQ ke XI Saat Pandemi Covid-19, Yudha Akui Antusias Peserta Masih Tinggi

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Camat Sungai Mandau, Yudha Rajasa, meninjau perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XI tingkat Kampung di Balai kerabatan Kampung Sungai Selodang, Rabu (7/4/2021).

Dalam peninjauan itu, Mantan Sekcam Tualang terkagum akan antusias peserta dan masyarakat yang masih sangat tinggi walau dalam keadaan pendemi Covid-19.

Terlihat, para Qori dan Qoriah mempersiapkan diri untuk penampilan terbaik dalam ajang setahun sekali itu, dalam penampilan para Qori dan Qoriah tetap memperhatikan Protokol Kesehatan seperti Penggunaan masker saat perlombaan berlangsung.

"Kegiatan MTQ ini sebagai sarana strategis untuk pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan mengajak masyarakat menjadi dekat dengan Al-Qur'an serta menjalin ukhuwah Islamiyah," kata Yudha kepada Riau Bernas saat menyaksikan langsung penampilan Qori Qoriah Kecamatan Sungai Mandau.

Pelaksanaan MTQ kali ini, memperlombai 5 cabang yakni Tilawah, Syahril Quran, Fahmil Quran dan Kaligrafi dan Ifjil Qur'an. Bertindak sebagai tuan rumah adalah Kampung Sungai Selodang.

MTQ kali ini, menekankan agar anak-anak dapat dibimbing serta pembinaan anak-anak sehingga berhasil di tingkat MTQ Kabupaten.

"Dengan adanya syiar agama, terutama kecintaan kita kepada al-quran, gemar membaca Al-Qur'an semakin baik," tambahnya

Camat berharap dengan  membaca Al-Qur'an dengar benar dan mengerti dengan makna kandungan Al-Qur'an, serta mejadi pedoman bagi kehidupan kita semuanya.

Bertindak sebagai tuan rumah dalam MTQ ke XI, Penghulu Sungai Selodang Afjafri SH mengatakan, seluruh peserta MTQ ke XI kurang lebih sekitar 100 Qori dan Qoriah

Tema MTQ ke XI adalah, "Mari kita pelajari, untuk mewujudkan masyarakat Sungai Mandau yang Qurani dan tangguh di kasa pandemi, lebih memahami terhadap nilai-nilai isi kandungan Al-Qur'an, serta Lebih fokus pada Prokes secara ketat ".

Selanjutnya, MTQ kali ini membentuk karakter generasi Islam kedepannya, agar bisa mengamalkan tradisi membaca Alquran sebagai acuan menjalankan kehidupan sehari-hari. 

"Kita mengucapkan terimakasih kepada Perangkat desa, unsur pemerintah Kampung,dan Pemerintah Kecamatan Sungai Mandau yang turut mensukseskan kegiatan MTQ yang sudah berlangsung selama 3 hari ini, serta antusias masyarakat sangat luar biasa," tambahnya.

Selaku tuan rumah, tentunya mempertahankan juara umum wajib dilakukan. Pada malam Jumat, penutupan acara mewajibkan prokes yang ketat demi kebaikan bersama.

"Semoga ditahun 2022 wabah Covid-19 cepat berlalu, sehingga kita bisa menjalankan tata pemerintahan secara normal kembali," harapnya. (hut)