Usai Patroli, Serda Sahidin Sampaikan Bahaya Karhutla

Usai Patroli, Serda Sahidin Sampaikan Bahaya Karhutla

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Usai melaksanakan sosialisasi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Kampung Sengkemang Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serda Sahidin menyampaikan tentang bahaya Karhutla saat terjadi di wilayah Kampung Sengkemang.

"Bahaya Karhutla sangatlah besar, mulai dari merusak kesehatan seperti polusi udara, sampai merusak ekosistem hutan. Itu tidak boleh terjadi," kata Serda Sahidin menjelaskan kepada perwakilan masyarakat, Selasa (6/4/2021).

Serda Sahidin juga memberikan imbauan dan pemahaman kepada masyarakat agar mencegah terjadinya Karhutla dengan tidak membakar sampah kebun seperti tumpukan pelepah kering, tangkos, maupun rumput kering. "Mohon dipatuhi bersama, tapi apabila terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan, siap-siap di pidana," tegas dia. 

Dia juga melaksanakan pengecekan kebun area tanaman kelapa sawit dan lahan yang rawan terjadi kebakaran, serta  melaksanakan pengecekan parit dan embung penampungan air. "Sejauh ini belum ada titik api. Namun kita sudah menyiapkan kemungkinan terjadi, mulai dari pengecekan parit dan Embung air. Apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan bisa segera dipadamkan, karena ketersediaan air sangat memadai," imbuhnya. (Van)