Kalahkan Saniman, Hendrik Jerman Salaja Pimpin IPSI Kabupaten Pelalawan

Kalahkan Saniman, Hendrik Jerman Salaja Pimpin IPSI Kabupaten Pelalawan
Ketua IPSI terpilih Hendrik Jerman (kanan) bersanding dengan H. Saniman, kandidat ketua IPSI saingannya.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Pelaksanaan Musyawarah Kabupaten Ikatan Pencak Silat Indonesia (Muskab IPSI) Pelalawan yang digelar di aula Camat Pangkalankerinci, Minggu (21/2/2021), berjalan lancar. Hendrik Jerman Salaja terpilih sebagai Ketua IPSI Pelalawan periode 2021 - 2025, menyingkirkan saingan terberatnya, H. Saniman. 

Dalam sambutannya sebelum pemilihan, Ketua IPSI Riau diwakili Sekum IPSI Riau, Dr. Ario Akbar SH, MH, menyampaikan apresiasinya atas Muskab ke V IPSI Pelalawan ini. Dengan adanya Muskab ini berarti roda organisasi berjalan dengan semestinya. Karena itu, dia berharap siapapun yang terpilih nanti harus didukung oleh seluruh anggota IPSI Pelalawan. 

"Kita berharap dengan terpilihnya jajaran pengurus IPSI Pelalawan yang baru nanti, organisasi ini semakin berkembang dan dapat melahirkan atlit-atlit yang mengharumkan di kancah nasional dan internasional," katanya. 

Dalam prosesi pemilihan sendiri, hanya ada dua calon kandidat yang maju yakni H. Saniman SE sebagai kandidat urut 1 dan nomor urut 2 Hendrik Jerman Salama. Dihadiri 15 perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Pelalawan yang notabene 15 suara itu yang diperebutkan, 1 suara caretaker dan 1 suara dari Pengprov.

Di putaran pertama, dua kandidat H. Saniman SE dan Hendrik Jerman Salaja, masing-masing memperoleh delapan (8) suara karena suara Pengprov absen di putaran ini. 

Karena berimbang, diputuskan masuk dalam putaran kedua. Di putaran kedua ini, terjadi perubahan suara dimana suara Hendrik Jerman unggul hanya selisih satu suara dengan H. Saniman yakni sembilan (9) suara untuk Hendrik Jerman dan delapan (8) suara untuk H. Saniman. 

Atas perolehan suara ini, akhirnya pimpinan sidang Muskab IPSI Pelalawan ke V ini memutuskan Hendrik Jerman Salaja ditahbiskan menjadi Ketua IPSI Pelalawan, periode 2021-2025.

Dalam sambutannya usai terpilih, Hendrik Jerman menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran pengurus IPSI Pengprov Riau dalam Muskab IPSI di Pelalawan ini. Dia berharap ke depan perguruan pencak silat di daerah ini dapat bersinergi membangun pencak silat agar lebih membumi di negeri Tuah Seiya Sekata ini.

"Darah daging saya pencak silat, apalagi saya juga mantan atlit silat dan mantan pengurus IPSI Riau. Saya berharap kita semua dapat bersinergi, membangun pencak silat dan mengharumkan nama daerah ini ke level yang lebih tinggi lagi," tukasnya. (ndy)