Perihal Vaksin Sinovac, Kapolsek Sungai Mandau Cek Kesiapan Puskesmas

Perihal Vaksin Sinovac, Kapolsek Sungai Mandau Cek Kesiapan Puskesmas

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Kapolsek Sungai Mandau IPTU Siswoyo, SH melakukan pengecekan kesiapan Puskesmas Sungai Mandau untuk penyimpanan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi Sinovac di Kecamatan Sungai Mandau.

Rapat kordinasi yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Sungai Mandau, Rabu (13/1/2021) sekitar pukul 09.30 WIB, berlangsung alot. Masing-masing mendengar arahan dari UPIKA Kecamatan Sungai Mandau dan Kepala Puskesmas Sungai mandau. 

Rapat tersebut dihadiri Camat Sungai Mandau Yudha Rajasa, S.STP, Kapolsek Sungai Mandau diwaikili PS Kanit IK Aiptu Nopriadi, Kepala Puskesmas Kecamatan Sungai Mandau Dr. Nurmala Sari, Penghulu se Kecamatan Sungai Mandau, Kepala KUA Kecamatan Sungai Mandau Alwis, MA, Ketua MUI Kecamatan Sungai Mandau H. Ahmad Darobi, Korwil Kecamatan Sungai Mandau, Toga dan Tomas Kecamatan Sungai Mandau, Bapekam Sekecamatan Sungai Mandau. 


Dalam Rapat Koordinasi tersebut Camat Sungai Mandau menyampaikan, 
Pihak Forkopimda sudah melaksanakan rapat yang dipimpin oleh Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si sehubungan dengan pelaksanaan Vaksin Covid-19 di wilayah Kabupaten Siak.

"Maka dari itu, kami sebagai pihak Upika Kecamatan Sungai Mandau akan mensosialisasikan giat Vaksin ini kepada Penghulu, Bapekam ,Korwil ,Toga,Tomas dan seluruh Masyarakat Kecamatan Sungai Mandau ,vaksin ini adalah halal dari Sertivikasi MUI sudah keluar dan dari Balai POM bahwa Vaksin tidak berbahaya untuk manusia," ungkap Yudha. 

Kepala Puskesmas Kecamatan Sungai Mandau Nurmala Sari menjelaskan, berdasarkan Pengujian Balai POM bahwa  vaksin Covid-19 tidak berbahaya untuk manusia, dan dari MUI Vaksin Covid-19 halal, untuk tahap pertama Vaksin akan dilaksanakan pada bulan Januari - April 2021. "Dalam hal ini pihak Puskesmas Sungai Mandau telah melaksanakan persiapan dan simulasi," ujar Nurmala Sari. 

Sekira jam 12.00 Wib dilaksanakan pengecekan kesiapan Puskesmas dalam melaksanakan giat Vaksin Covid-19 dan penyimpanan, bahwa Puskesmas Kecamatan Sungai Mandau telah mempersiapkan tempat penyimpanan Vaksin ditempat penyimpanan khusus dengan tenaga surya. 

"Untuk peralatan medis telah dipersiapkan, untuk tenaga ahli pihak Puskesmas telah mempersiapkan tenaga medis yang telah dilatih oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Siak," imbuhnya. 

Kapolsek Sungai Mandau IPTU Siswoyo, SH mengajak masyarakat Sungai Mandau jangan takut divaksin. "Vaksin ini untuk penangkal virus Covid-19, sudah ada lebel MUI dan BPOM, ini tidak berbahaya," ujar Kapolsek. 

Siswoyo mengaku akan mengawal secara ketat terkait proses penyampaian Vaksin Sinovac di Sungai Mandau, sampai ketempat penyimpanan yang telah disediakan oleh Dinas Kesehatan Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak. "Kita akan kawal semua proses vaksinasi sampai selesai," ujar Perwira Belati dua dipundaknya itu. (van)