Terapkan Prokes Kesehatan, Besok AKNP Gelar Wisuda Terakhir Kali

Terapkan Prokes Kesehatan, Besok AKNP Gelar Wisuda Terakhir Kali
Koordinator Pengelola AKNP, Yumisri S. Sos

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Akademi Komunitas Negeri Pelalawan (AKNP) akan menggelar wisuda tanggal 3 November mendatang. Wisuda ini merupakan wisuda terakhir kali bagi mahasiswa/i kampus tersebut, sebelum kampus AKNP beralih status menjadi Program Studi Diluar Kampus (PSDKU) yang kini masih proses visitasi oleh Kementerian Pendidikan Tinggi. Direncanakan wisuda ini akan dihadiri oleh Bupati Pelalawan, Plt. Ketua DPRD Pelalawan, Direktur Poltek Padang dan juga Senat Politehnik Padang. 

Kepada media ini, Koordinator Pengelola AKNP, Yumisri S. Sos, Senin (2/11/2020), menjelaskan bahwa biasanya sebelum adanya pandemi, mahasiswa/i AKNP yang wisuda akan dilakukan di Kampus Politehnik Padang, baru kemudian penyerahan ijazah dilakukan di kampus masing-masing bersama orangtua mahasiswa/i, termasuk AKNP. 

"Tapi karena kini masa pandemi, maka wisuda akan kita gelar di sini sekaligus penyerahan ijazah. Acara ini kita sudah mendapat izin dari Polres dan Dinkes dan kita akan tetap menerapkan prokes kesehatan secara ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak dan mempersiapkan air untuk mencuci tangan," ujarnya. 

Dia mengatakan biasanya tiap acara penyerahan ijazah akan disertai dengan orangtua mahasiswa/i namun untuk tanggal 3 November nanti para mahasiswa/i tidak akan disertai orangtua mereka karena kondisi pandemi saat ini. Karena itu, penerapan prokes yang ketat akan diberlakukan dalam gelaran wisuda AKNP terakhir kali ini. 

"Paling maksimal 50 orang yang masuk ke dalam aula. Sementara orangtua mahasiswa/i diharapkan hanya mengantar saja," ujarnya. 

Dijelaskannya, bahwa gelaran wisuda AKNP yang ke 6 ini merupakan wisuda yang terakhir kali sebelum peralihan status kampus tersebut menjadi PSDKU. Sejauh ini, sejak berdiri di tahun 2013 lalu, AKNP yang dibina oleh Poltek Padang telah menghasilkan 300-an alumni yang kini telah bekerja di berbagai perusahaan yang ada di Kabupaten Pelalawan. 

"Untuk PSDKU sendiri saat ini dalam proses visitasi dari Kementerian Pendidikan Tinggi. Jika proses tersebut telah keluar, maka AKNP yang telah berubah status menjadi PSDKU nanti akan membuka jenjang D3 dan D4," katanya.

Lanjutnya, jika visitasi sudah keluar dari Kemendikti, targetnya tahun ini juga PSDKU yang juga berada di bawah naungan Poltek Padang langsung menerima mahasiswa baru untuk jenjang D3 dan D4 Manajemen Informatika dan Tehnik Listrik. 

"Jadi kami berharap proses visitasi dari Kementerian itu segera keluar, sehingga kita bisa langsung untuk progress ke tahap berikutnya," tukasnya. (ndy)