Kapolres Inhu Luncurkan Satgas Taking Covid-19, Masyarakat Harus Patuhi Protokol Kesehatan

Kapolres Inhu Luncurkan Satgas Taking Covid-19, Masyarakat Harus Patuhi Protokol Kesehatan

RENGAT, RIAUBERNAS.COM - Bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19 yang saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, 
Kapolres Inhu AKBP Efrizal, S.Ik luncurkan Satuan Petugas (Satgas) Taking Covid-19 Operasi Yustisi 2020 di Kabupaten Inhu, Senin (21/9/2020). 

Peluncuran yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Inhu tersebut, selain melaksanakan sosialisi kepada masyarakat agar waspada bahayanya virus corona, Kapolres juga mempunyai target pemburuan teking covid-19 yaitu melaksanakan penegakan hukum dengan penindakan setiap harinya.

Peluncuran satgas tersebut dibarengi dengan apel yang dipimpin langsung Kapolres Inhu, dihadiri Sekdakab Inhu H. Hendrizal, M.Si, Dandim 0302 Inhu Letkol Cza Eko Supri Setiawan, Kabinda Letkol Ivan Romel, Ketua KPU Inhu Yenni mairida SE, MM, Ketua Bawaslu Dedi Risanto, S.IP, M.Si, Kepala KPBD Inhu Erguspian, S.Sos, Ketua LAMR Inhu Datuk Sri R Marwan MR, Ketua KONI Inhu Supri Handayani, SE, sejumlah Kepala OPD dilingkup Pemkab Inhu, Ketua Forum Camat Inhu, H. Hendri, S.Sos, M.Si, dan sejumlah undangan lainnya.

"Kehadiran Satgas pemburu teking Covid-19 ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi dan membudayakan protokol kesehatan sebagai gaya hidup baru untuk menekan laju pertambahan Covid-19 di Inhu," ucap Kapolres Inhu AKBP Efrizal, S.Ik. 

Efrizal juga mengatakan, Polres Inhu akan fokus terhadap 3 agenda utama dalam menjalankan arahan Presiden RI Joko Widodo, Kapolri, dan Ketua Satgas Covid-19 untuk menekan angka infeksi covid, melalui upaya pendisiplinan masyarakat dengan membudayakan 4 M (Mencuci tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Menghindari Kerumunan).

Selain itu juga, menerapkan tata laksana Covid-19 tanpa gejala, bagaimana agar kondisi tidak memburuk, memastikan penanganan pasien Covid-19 dirumah sakit, baik gejala sedang, berat, dan parah.

"Itupun harus dipastikan obat-obatan dan peralatan medis yang dibutuhkan harus tersedia, sebagai upaya menekan angka kematian di Inhu. Berdasarkan data Satgas Penanggulangan Covid-19 Inhu, hingga sekarang telah akumulasi jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Inhu mencapai jumlah 27 orang, sedangkan pasien yang sembuh secara kumulatif sebanyak 9 orang dan pasien meninggal dunia 3 orang," jelasnya lagi.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Polres Inhu telah membagikan masker secara serentak pada 11 Maret 2020 kemarin sebanyak 15.000 lembar. Hingga saat ini sudah 22.420 lembar masker yang telah dibagikan secara gratis pada masyarakat sebagai upaya menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Inhu.

Apel peluncuran Satgas diikuti pleton TNI, pleton Brimob Polda Riau, pleton personel Polres Inhu, pleton ASN, pleton Satpol PP, pleton personel KPBD, pleton Dishub, dan pleton Manggala Agni.

"Setelah apel, kita luncurkan dan memberangkatkan para tim Satgas untuk melaksanakan patroli secara konvoi di Ruang Terbuka Hijau (RTH) kota Rengat, pasar rakyat Rengat, dan sejumlah titik keramaian umum lainnya," tutup Kapolres Inhu AKBP Efrizal, S.Ik. (Pt)