Resmikan Pustu Sialang Sakti Dayun

Alfedri Berharap Tenaga Kesehatan Dapat Mensosialisasi Pencegahan Dan Penanganan Covid-19

Alfedri Berharap Tenaga Kesehatan Dapat  Mensosialisasi Pencegahan Dan Penanganan Covid-19

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Setelah melalui proses pembangunan yang panjang, gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu) Kampung Sialang Sakti Kecamatan Dayun Kabupaten Siak,  akhirnya diresmikan oleh Bupati Siak, Rabu (16/9/2020). 

Pustu tersebut dibangun melalui dana APBD Kabupaten Siak Tahun 2019, melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Siak sebesar Rp. 373  juta lebih.

Bupati Siak Drs. Alfedri, M.Si menegaskan, dengan dibangunnya Pustu seperti ini, diharapkan tenaga kesehatan lebih semangat dan inovatif mengajak masyarakat setempat untuk menerapkan pola hidup sehat. Khususnya saat ini, untuk memberikan sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19 secara berkesinambungan.

“Saya harap tenaga kesehatan lebih semangat dan invotif dalam menerapkan pola hidup sehat kepada masyarakat. Khususnya dalam situasi pandemi Covid-19 seperti ini. Intinya harus jalankan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan menjaga jarak," kata Alfedri. 

Bupati Alfedri menambahkan, Pemerintah daerah terus berupaya memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Salah satunya dengan cara menambah fasilitas kesehatan di kampung-kampung. 

Ia katakan, saat ini sudah ada 15 puskesmas dan 94 Pustu di Kabupaten Siak. Kemudian untuk wilayah pelosok yang jauh dari jangkauan, Alfedri berazam di setiap wilayah tersebut disediakan seorang dokter. 

"Kami berencana akan menyediakan seorang dokter di daerah pelosok, agar masyarakat di daerah terpencil mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik," ucapnya. 

Usai memberikan sambutan, Alfedri didampingi Kadis Kesehatan, Asisten I dan Camat Dayun, menandatangani prasasti, kemudian membuka kain selubung papan nama Pustu dan menggunting pita sebelum masuk kedalam ruangan Pustu. 
   
Penghulu Kampung Sialang Sakti Iswanto, menyampaikan rasa suka citanya setelah sekian lama akhirnya kampung yang dipimpinnya memiliki Pustu yang lebih bagus. 

"Kami bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada Pak Bupati sudah dibuatkan Pustu yang bagus ini," ucap Iswanto. 

Ia bilang, fasilitas kesehatan yang lama lokasinya tidak ditengah kampung, sehingga sebagian masyarakat sedikit mengeluh dengan lokasi Pustu yang lebih jauh. 

Dikesempatan itu, orang nomor satu di Siak ini menyerahkan dua unit Hand Tractor rotari untuk kelompok tani Sialang Sakti dan kelompok Tani Kampung Merangkai, dari Dinas pertanian Kabupaten Siak. (Van/ADV)