Satgas Gabungan dan Masyarakat Berhasil Temukan Korban Tengelam di Sungai Nilo Desa Kuala Terusan

Satgas Gabungan dan Masyarakat Berhasil Temukan Korban Tengelam di Sungai Nilo Desa Kuala Terusan

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Satgas gabungan yang terdiri dari Pol air Polres Pelalawan, BPBD, Pol.PP dan masyarakat  berhasil menemukan warga Kuala Terusan yang tenggelam di Sungai Nilo Desa Kuala Terusan Kabupaten Pelalawan, Riau. 

Seperti diketahui, pada hari ini Rabu tanggal 29 Juli 2020, telah didapat informasi tentang adanya masyarakat/nelayan yang tenggelam di Sungai Nilo Desa Kuala Terusan Kabupaten Pelalawan.

Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko, S.Ik, melalui Kasubbag Humas Polres Pelalawan IPTU Edi Haryanto kepada awak media mengatakan, korban bernama Khaidir T (61), warga Desa Kuala Terusan Rt 01/Rw 02 Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Dan berprofesi sevagai nelayan. 

Dijelaskan Edi, pada hari Rabu 29 Juli 2020 sekira pukul 01.30 wib, seorang warga yang bernama Tajul hendak pulang kerumah dengan menggunakan perahu. Dan di tengah sungai Nilo Sdr. Tajul melihat ada perahu yang hanyut dan senter dalam posisi hidup mengapung di air. 

Kemudian, lanjut Edi, Sdr. Tajul mengambil dan memarkirkan/menambat perahu tersebut di pinggir sungai, lalu memberitahukan kepada anak Pak Rw 01 Sdr. Zulfahmi bahwa ada perahu yang hanyut.

Sekira pukul 05.00 wib pagi, keluarga Sdr. Khaidir T memberitahukan kepada warga Kuala Terusan bahwa Sdr. Khaidir T tidak berada dirumah, dan kemudian keluarga Sdr. Khaidir T melihat perahunya masih ada dan peralatan mencari ikan milik Sdr. Khaidir T juga masih lengkap, seperti tangguk dan pendayung.

"Info sementara, diduga Sdr. Khaidir  T jatuh dari perahu dan perahunya hanyut. Dan Sdr. Khaidir T juga ada riwayat penyakit," terang Edi. 

Dalam upaya pencarian tersebut, Satgas gabungan yang terdiri dari Pol air Polres Pelalawan, BPBD, Pol-PP dan masyarakat, saling bahu-membahu berupaya untuk menemukan korban. 

Dalam proses pencarian tersebut, tim Sat Polairud mengunakan 1 unit kapal, tim BPBD 1 unit, tim Upika 1 unit, tim Damkar 1 Unit dan masyarakat 7 unit kapal. Dan sekira pukul 14.40 wib, korban atas nama Khaidir T berhasil ditemukan pada jarak kira-kira 300 meter dari lokasi sampannya.

"Korban langsung dibawa ke rumah duka dan akan dikebumikan di TPU Desa Kuala Terusan," tutup Kasubbag Humas Polres Pelalawan IPTU Edi Haryanto. (Sam)