Pemkab Siak Distribusikan 3216 Paket Sembako ke Tualang

Pemkab Siak Distribusikan 3216 Paket Sembako ke Tualang

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melalui Dinas Sosial Kabupaten Siak,  mendistribusikan 3216 paket sembako kepada masyarakat Tualang, Rabu (20/5/2020).

Bantuan Paket sembako tersebut langsung diantar oleh Dinas Sosial kepada Pemerintah Kampung se Kecamatan Tualang. Bantuan berupa Beras, minyak goreng, gula dan sarden seharga 250 ribu per kepala keluarga (KK) yang miskin terdampak Covid-19.

Adapun kampung se Kecamatan Tualang yang menerima paket sembako sebanyak 3216 dari Pemkab Siak  adalah sebagai berikut:

1. Kampung Tualang sebanyak 1436 Paket Sembako.
2. Kampung Pinang Sebatang sebanyak 411 Paket Sembako.
3. Kampung Pinang Sebatang Timur sebanyak 635 Paket sembako.
4. Kampung Pinang Sebatang Barat sebanyak 108 paket sembako.
5. Kampung Tualang Timur sebanyak 37 paket sembako.
6. Kampung Perawang Barat sebanyak 116 paket sembako.
7. Kampung Maredan sebanyak 5 Paket Sembako.
8. Kampung Maredan Barat sebanyak 277 paket.
9. Kelurahan Perawang sebanyak 191 paket sembako.

"Total penerima bantuan dari Kabupaten Siak sebanyak 16850 paket sembako, sedangkan, Kecamatan Tualang sebanyak 3216 seharga 250 ribu," ungkap Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Siak, Wan Idris kepada Riau Bernas.com di Tualang.

Wan Idris berharap, dengan bantuan yang diberikan dari pemerintah pusat maupun daerah, ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat khusus terdampak Covid-19.

"Namanya bantuan, tentunya memberikan kebutuhan dasar kepada masyarakat, apalagi saat ini, aktivitas masyarakat berkurang terhadap dampak Covid-19 untuk bekerja seperti biasa. Bantuan disalurkan sekali sebulan selama 3 bulan," jelas Wan Idris.

Perihal masyarakat yang tidak memiliki NIK, tapi tinggal di Siak. Wan Idris mengakui bisa digunakan dari dana Kampung, "Secara regulasi dan aturan main itu diarahkan dari BLT dana Kampung, tapi kalau BLT Kemensos, dana desa, dan BLT Provinsi, ini sesuai dari ketentuan harus berbasis dari NIK," jelasnya.

Sementara itu, Penghulu Kampung Pinang Sebatang Barat, Herman, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Siak yang telah menyalurkan bantuan sembako seharga 250 ribu.

"Saya berterima kasih kepada Pemda Siak karena bantuan ini bermanfaat sebaik-baiknya dengan situasi Pendemi Covid-19 ini, semoga beban masyarakat PSB berkurang," pungkasnya. (Van/adv)