Antisipasi Covid-19, Abdul Muzakir Berikan Bantuan Pembuatan Ruang Isolasi Puskesmas Pangkalankuras

Antisipasi Covid-19, Abdul Muzakir Berikan Bantuan Pembuatan Ruang Isolasi Puskesmas Pangkalankuras
Anggota DPRD Pelalawan, Abdul Muzakir

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Anggota DPRD Pelalawan apresiasi sepenuhnya pada Puskesmas Pangkalankuras yang segera tanggap untuk membuat ruang isolasi di bagian ruangan puskesmas yang tak terpakai. Karena itu, politisi Golkar ini memberi bantuan sebagai bentuk apresiasi dan partisipasi dalam pecegahan Covid-19 di daerah ini.

"Saya secara pribadi menyampaikan terima kasih pada Puskesmas Pangkalankuras dan Pemerintahan Kecamatan Pangkalankuras yang telah membuat ruang isolasi sendiri di Puskesmas. Karena itu, saya apresiasi atas inisiatif Puskesmas yang telah membuat ruang isolasi bagi para penderita ODP di wilayah ini," kata politisi dari Partai Golkar, Abdul Muzakir, pada media ini, Sabtu (4/4/).

Dia menjelaskan, bahwa ruang isolasi merupakan suatu kebutuhan yang mendesak,  sementara disisi lain Puskesmas tak memiliki dana untuk membuat ruang isolasi itu. Karena itu, diperlukan kesadaran semua pihak untuk bahu-membahu dalam menanggulangi wabah Covid-19 ini.

"Ruang isolasi ini urgent sifatnya dan perlu segera dibuat. Jika pasien masih berstatus ODP mungkin masih bisa ditangani di Puskesmas, tapi jika naik status menjadi PDP maka perlu dirujuk ke RSUD Selasih," tandas Abdul Muzakir, yang juga sebagai donatur pembuatan ruang isolasi itu.

Tak hanya itu, lanjutnya, dia juga apresiasi dengan para tenaga medis di Puskesmas Pangkalankuras yang telah mensiasati Alat Pelindung Diri (APD) seadanya demi kemanusiaan. Karena itu, dia mengharapkan agar perusahaan-perusahaan yang ada di daerah ini khususnya di Pangkalankuras dapat lebih peduli dengan persoalan ini.

"Jadi saya harapkan juga agar perusahaan-perusahaan bisa membuat sendiri ruang isolasi mandiri, jika statusnya naik menjadi PDP, maka wajib untuk dirujuk ke RSUD Selasih," katanya.

Lanjutnya, dia juga menginginkan agar perusahaan yang memakai tenaga kerja dari luar daerah apalagi luar negeri, wajib untuk mengisolasi sendiri. Jangan sampai terjadi grafik ODP di Pelalawan ini terus meningkat dikarenakan kesadaran kita yang kurang dalam pencegahan Covid-19 ini.

"Untuk ruang isolasi yang dibangun oleh puskesmas sendiri, kita juga berencana jika jumlahnya meningkat dan tak tertampung maka kita akan pergunakan GOR di daerah ini untuk membuat ruang isolasi," tukasnya. (ndy)