Dukungan Dari BNPB Pusat, Pangdam XII/Tpr Serahkan APD ke Kadiskes Kalbar

Dukungan Dari BNPB Pusat, Pangdam XII/Tpr Serahkan APD ke Kadiskes Kalbar

Kubu Raya, Riaubernas.com - Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes. 

Penyerahan dilaksanakan di Makodam XII/Tpr. APD ini merupakan dukungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat yang akan digunakan para petugas medis dalam menangani pasien Covid-19.

Demikian disampaikan Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos melalui rilisnya, Selasa (31/3/2020), di Makodam XII/Tpr. 

Aulia Fahmi Dalimunthe megatakan, sebelum dilakukan penyerahan APD, terlebih dahulu dilakukan sterilisasi oleh personel Kodam XII/Tpr.

"Sebanyak 40 Box @ 50 pcs (2000 pcs) baju atau jubah Alat Pelindung Diri (APD) diserahkan oleh Pangdam kepada Kadinkes Kalbar untuk didisribusikan kepada rumah sakit rujukan," kata Kapendam XII/Tpr.

Dijelaskan oleh Kapendam XII/Tpr, APD atau jubah pelindung (Disposable Protective Coverall) tersebut, merupakan dukungan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diperuntukkan untuk seluruh tenaga medis yang bertugas dalam penanganan Covid-19 di Kalbar.

Dengan adanya dukungan APD ini, lanjut Kapendam XII/Tpr, dapat membantu para petugas kesehatan yang berada di garda terdepan dalam penanganan Covid-19. 
Menurutnya, APD ini sangat penting. APD tersebut merupakan kelengkapan yang wajib digunakan petugas medis saat bekerja menangani pasien Covid-19. 

APD ini untuk memastikan mereka tidak terpapar oleh virus. "Adanya bantuan APD tentunya akan sangat membantu sekali petugas-petugas kesehatan kita yang saat ini berada di garda terdepan penanganan Covid-19," tutup Kapendam XII/Tpr. (***)