Duh, ODP di Pelalawan Jadi 12 dan PDP Tetap 3 Orang

Duh, ODP di Pelalawan Jadi 12 dan PDP Tetap 3 Orang
Kadiskes Pelalawan, Asril SKM

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Data terakhir yang dirilis Satuan Tugas Gugus Pelalawan untuk penanganan Covid-19, pasien dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah menjadi 12 orang. Penambahan ini dikarenakan 12 ODP tersebut baru pulang dari daerah yang terdampak virus Corona. 

"Sementara untuk orang dengan status PDP, masih tetap sama yakni 3 orang," kata Kadiskes Pelalawan, Asril SKM, pada media ini via selulernya, Kamis (26/3/2020).

Asril menjelaskan bahwa sebelumnya penderita ODP hanya berjumlah 4 (empat) orang kini bertambah 8 (delapan) orang, hingga menjadi 12 orang. Penambahan sebanyak delapan orang ini karena mereka memiliki riwayat perjalanan dari kota-kota yang menjadi pandemi virus corona dan kembali ke Pelalawan. Meski belum menunjukan gejala yang signifikan seperti batuk, flu, dan demam namun mereka diminta untuk tetap berada di rumah.

"ODP kita imbau jangan keluar rumah selama masa orbservasi. Mereka isolasi mandiri di kediaman masing-masing," katanya.

Asril menyebutkan, warga yang ODP harus mengurangi kontak dan interaksi dengan warga lain selama masa observasi.Selain menjaga penularan virus corona jika kemudian dinyatakan sebagai suspek, juga mengantisipasi keresahan warga di sekitar tempat tinggal yang bersangkutan.Dijelaskannya, untuk masyarakat status Pasien Dibawah Pemantauan (PDP) masih tetap tiga orang yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Awal Bross dan Efarina Pangkalan Kerinci dan menyatakan jika kondisi ketiganya mulai membaik, meski hasil swap dari laboratorium Kemenkes belum keluar.

"Nanti akan kita umumkan apapun hasilnya. Pastinya informasi resmi terkait Covid-19 di Pelalawan hanya bersumber dari Gugus Tugas," ujarnya.