Antisipasi Wabah Corona, MPR Bersama PWI Pusat Bagikan 1.000 Paket Alat Penunjang Kesehatan

Antisipasi Wabah Corona, MPR Bersama PWI Pusat Bagikan 1.000 Paket Alat Penunjang Kesehatan

JAKARTA, RIAUBERNAS. COM - Pimpinan MPR bersama Kadin Indonesia, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat, PWI Jaya, Komunitas ojek online Garda (Gabungan Aksi Roda Dua), MBI (Motor Besar Indonesia), Gerak BS, Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia membagikan seribu paket alat penunjang kesehatan kepada wartawan dan pengemudi motor. 

Aksi Solidaritas MPR unuk memerangi virus corona (COVID-19) ini dilaksanakan di lobi Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin siang (Senin, 23/3/2020). 

Dalam kesempatan itu, Ketua MPR, Bambang Soesatyo secara simbolis menyalurkan seribu paket berisi masker, sarung tangan, hand sanitizer, vitamin C hingga jamu kemasan siap minum melalui setiap perwakilan.

"Apa yang kita lakukan baru seujung kuku kecil, hanya seribu paket yang kita siapkan untuk saudara-saudara kita yang bekerja di lapangan, wartawan dan yang menarik ojek online. Ini semua ada seribu tapi dibagikan ke perwakilannya langsung dari ojek online pakai mobil box diantar ke sentra-sentra ojek pangkal," ujar Bamsoet.

Mantan ketua Komisi III dan Ketua DPR periode 2014-2019 itu pun menyerukan agar anggota dewan dapat menyisihkan gaji atau dana resesnya untuk membantu penanggulangan penyebaran virus corona.
 
"Jadi MPR mendorong solidaritas untuk fight melawan corona," katanya.

Dia juga mengajak kementerian dan lembaga pemerintahan juga melakulan hal yang serupa. Misalnya, suasana libur seperti ini di gerbang kementerian diberikanlah bantuan. Atau melalui cara lain yang bisa membantu saudara-saudara kita yang di lapangan," ujarnya. 

Pada kesempatan tersebut, Ketua PWI Pusat, Atal S. Depari mengapresiasi kerja sama ini. Ia pun berharap kegiatan semacam ini juga diikuti instansi/lembaga lainnya demi meringankan beban masyarakat di masa tanggap bencana nasional COVID-19 yang telah ditetapkan sejak Jumat (20/3/2020) lalu. 

Di tempat yang sama, Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah menyampaikan bahwa PWI Jaya Peduli saat ini tengah menggalang donasi yang nantinya dibelikan kebutuhan APD untuk dibagikan kepada wartawan dan warga pekerja informal. 

Menurut Sayid pula, masyarakat sekarang sudah banyak menyadari pentingnya mencegah penularan virus corona. Salah satunya dengan mengikuti imbauan pemerintah agar tidak melakukan aktivitas di luar rumah selama 14 hari ke depan dan social distancing.

Acara ini diikuti para Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Zulkifli Hasan, Fadel Muhammad, Arsul Sani, dan Jazilul Fawaid. Tampak pula pimpinan Fraksi PPP MPR RI Syafullah Tamliha, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan  P Roeslani, Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari, Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsya, Ketua PWI Peduli M Nasir Koordinator Wartawan Parlemen Romdoni Setiawa, anggota DPD RI Yorrys Raweyai, Pengurus Yayasan Puteri Indonesia Mustika Ratu Mega Angkasa, Puteri Indonesia yang juga Duta MPR RI, Ayu Maulisa Putri dan Kalista Iskandar serta Ketua Umum Gerak BS Aroem Alzier.

Perlu diketahui jumlah orang positif corona di Indonesia saat ini sudah mencapai 579 orang. Rinciannya 49 meninggal dunia dan 30 orang sudah dinyatakan sembuh. (rilis/ndy)