Pemkab Siak Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Sejumlah Rumah Ibadah

Pemkab Siak Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Sejumlah Rumah Ibadah

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Bupati Siak Drs. Alfefri, di dampingi Pjs Sekda Siak Jamaluddin dan Kapolres Siak AKBP Doddy F. Sanjaya, meninjau pelaksanaan penyemprotan disinfektan di areal Masjid Sultan Syarif Hasyim Islamic Center Siak Sri Indrapura.

Penyemprotan dilakukan sebagai langkah sterilisasi areal Masjid untuk mengantisipasi penyebaran wabah COVID-19 (Virus Corona) saat pelaksanaan ibadah di rumah ibadah terbesar kaum muslimin di Negeri Istana itu.

Bupati Siak Alfedri usai melaksanakan peninjauan, mengintruksikan jajaran Dinas Kesehatan untuk juga melakukan penyemprotan desinfektan ke sejumlah rumah ibadah yang ada di kota Siak dan kecamatan lainnya di Kabupaten Siak, diantaranya Masjid Al-fatah Sutomo, Klenteng Hock Siu Kiong, Gereja HKBP, Gereja GPI, Vihara Maitreya, dan Istana Siak Asserayah Al Hasyimiyah. 

Selain itu, orang nomor satu Negeri Istana itu juga mengingatkan masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Hari ini kita melakukan penyemprotan disinfektan di Mesjid Sultan Syarif Kasim Islamic Center kota Siak. Hal ini kita lakukan untuk mengantisipasi penyebaran wabah corona dilingkungan Jemaah Masjid yang akan melakukan ibadah sholat Jum'at besok," kata Alfedri, di Siak Sri Indrapura, Kamis, (19/3/2020).

Bupati Alfedri dalam kesempatan tersebut juga mengimbau agar diseluruh gedung perkantoran dan ruang layanan public, agar menyediakan Hand Sanitizer atau cairan anti septik serta masker.

Sebagai langkah antisipasi, ia juga meminta seluruh camat dilingkungan Pemkab Siak untuk meminimalisir pelaksanaan kegiatan yang bersifat massal beberapa pekan kedepan hingga kondisi membaik. 

Diakhir kegiatan, Bupati Alfedri bersama Pejabat Sekda dan Kapolres, juga melaksanakan peninjauan persiapan Posko Tanggap Darurat Satgas Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 di Gedung Mess Pemda Jalan Raja Kecik Siak Sri Indrapura.

“Layanan Call Center 112 kita Insya Allah siaga 24 jam. Bila masyarakat membutuhkan bantuan darurat dipersilahkan menghubungi atau segera ke fasilitas kesehatan, baik puskesmas maupun rumah sakit terdekat,” sebutnya. (van)