PMA BPIH 2020 Keluar Bulan Maret, CJH Diharapkan Siap Untuk Melunasi

PMA BPIH 2020 Keluar Bulan Maret, CJH Diharapkan Siap Untuk Melunasi
Kakan Kemenag Pelalawan, M.Rais

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) nasional di tahun 2020 ini diperkirakan tak jauh berbeda dengan BPIH di tahun lalu, yakni sekitar Rp 35 jutaan. Meski BPIH telah disetujui oleh DPR RI namun karena belum keluar Peraturan Menteri Agama (PMA) maka diharapkan para Calon Jamaah Haji (CJH) untuk bersiap-siap melunasi pembayaran BPIH.

"Saya tanya ke Kanwil, katanya PMA soal BPIH akan keluar sekitar bulan Maret. Jadi kalau PMA sudah keluar tentang BPIH ini, maka CJH harus secepatnya untuk melunasi BPIH yang telah ditetapkan," kata Kepala Kementerian Agama, M. Rais, pada media ini, Senin (10/2/2020).

Rais mengatakan bahwa seperti yang sudah-sudah, setiap provinsi akan berbeda dalam penetapan BPIH-nya, tergantung dari jarak ke Arab Saudi. Artinya, semakin dekat ke Arb Saudi wilayah tersebut maka akan semakin murah. Tahun lalu, untuk BPIH Riau ada di angka Rp 32.306.450, dan kemungkinan besar tahun ini pun tak jauh berbeda.

Ditanya soal jumlah CJH Pelalawan sendiri, Rais mengatakan bahwa untuk CJH Pelalawan tahun ini berjumlah 363 orang yang dipastikan keberangkatannya. Tapi biasanya, jumlah tersebut akan berubah pasca BPIH diumumkan. Untuk penambahan kuota sendiri tergantung dari Pusat bukan daerah yang menentukan.

"Ya, biasanya pasca BPIH diumumkan akan ada penambahan kuota tapi yang menentukan pusat, Bang, untuk jumlahnya. Itu wewenang Pusat bukan daerah," tukasnya. (ndy)