KIT, Manajemen Kota Modern Pekanbaru

KIT, Manajemen Kota Modern Pekanbaru
Ilustrasi KIT Pekanbaru

PEKANBARU (Riaubernas) - 
Kawasan Industri Tenayan (KIT) menjadi konsep manajemen kota modern yang akan di terapkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Pemko ingin industri yang ada di ibukota Provinsi Riau dipusatkan di satu titik. Langkah yang dilakukan dengan melakukan moratorium industri di luar Kawasan Industri.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Selasa (28/1/2020), dikatakannya seluruh industri yang ada di jantung ibukotanya Propinsi Riau ini akan terpusat di satu kawasan.

"Konsep manajemen kota modern kan seperti itu. Industri ya satu tempat. Kita juga akan moratorium nanti," kata Ingot

Sedangkan industri induatri yang saat ini tersebar di berbagai tempat di Kota Pekanbaru akan segera di atur, Pemko Pekanbaru akan berikan tenggat waktu dan juga masih beri toleransi agar pengusaha pemilik industri bergabung di KIT. 

"Setelah itu tidak kita benarkan lagi. Artinya industri yang ada di luar KIT, pada akhirnya harus masuk ke KIT," tegasnya.

Ingot mencontohkan, seperti  industri yang kini masih berada di dalam kota di Jalan Riau kedepannya tidak dibolehkan lagi. 

"Jadi tidak boleh lagi bengkel besar di Jalan Riau," jelasnya.

Untuk pengembangan  KIT, Pemko telah mempersiapkan lahan seluas 1.550 hektare untuk industri hilirisasi agro. Semua industri yang ada di luar KIT akan 'ditarik' ke kawasan itu. (mcr)

Editor : Apon