24 Orang Raih Penghargaan Pemustaka Dari Perpusda Daerah

24 Orang Raih Penghargaan Pemustaka Dari Perpusda Daerah

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Menambah minat baca di kalangan pelajar dari tingkat PAUD sampai ke masyarakat umum serta menumbuhkan budaya literasi di daerah ini, 24 orang dari enam (6) kategori tingkat PAUD/TK, SD, SMP, SMA, masyarakat umum serta instansi mendapat penghargaan Pemustaka dari Dinas Dinas Arsip dan Pustaka Kabupaten Pelalawan. Kegiatan yang digelar oleh dinas yang dipimpin MD Rizal ini, rutin dilaksanakan tiap tahunnya.

"Alhamdulillah, kegiatan penghargaan ini makin menambah minat masyarakat serta pelajar untuk datang berkunjung ke Perpustakaan Daerah," kata Kepala Dinas Arsip dan Pustaka Kabupaten Pelalawan, MD Rizal, saat memberikan sambutan di acara penghargaan Pemustaka yang digelar di halaman Kantor Arsip dan Pustaka, Selasa (26/11).

MD menjelaskan bahwa selama ini Perpustakaan Daerah Pelalawan telah unggul dalam berbagai segi dibanding dengan perpustakaan-perpustakaan daerah lainnya. Namun meski unggul, Perpusda Pelalawan hanya memiliki predikat C. Hal ini terjadi karena Perpusda Pelalawan masih membutuhkan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang memadai agar predikat C ini bisa naik kelas.

"Lihat saja, Pak, atap samping saja tak tertutup, karena memang dengan anggaran yang terbatas, kami tak bisa leluasa berbuat. Itulah kenapa sampai saat ini Perpusda Pelalawan masih berpredikat C dikarenakan infrastrukturnya yang kurang," ujarnya.

Mantan Kadisdik Pelalawan itu menyebutkan bahwa di tahun 2016 lalu memang ada rencana akan dibangun Gedung Perpustakaan Daerah yang baru dengan anggaran kisaran 9,8 Milyar. Nam.un karena adanya gelombang rasionalisasi anggaran sehingga gedung tersebut sampai sekarang tak jadi dibuat.

"Padahal saat ini, paradigma perpustakaan itu tak hanya sekedar untuk membaca saja namun sebuah perpustakaan bisa menjadi tempat pelatihan berbagai kegiatan yang melatih kemampuan para pelajar dalam menciptakan siswa unggul sebagai generasi emas ke depannya," ujarnya seraya mengatakan bahwa saat ini di Perpusda Pelalawan telah dibuka ruang Paudin yang khusus bagi anak-anak PAUD/TK.

Wabup Pelalawan Drs Zardewan MM dalam sambutannya menegaskan pentingnya peran pustaka bagi ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena itu, diharapkan pada pengunjung pustaka untuk dapat mengajak saudara dan teman yang lain agar dapat menjadi pemustaka yang rajin. Apalagi saat ini, globalisasi tehnologi begitu deras menerpa dengan adanya smartphone, dimana seseorang seolah-olah bisa mengetahui semuanya dengan alat tersebut.

"Ini yang harus kita antisipasi, jangan sampai alat tehnologi menggerus kebiasaan membaca," tandasnya.

Dikatakannya, karena itu, PPemda Pelalawan selalu mendukung program program dan kegiatan yang bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat, salah satunya program dari pustaka daerah ini, sebagai bentuk dukungan itu, kita berikan penghargaan kepada pengunjung setia," pungkasnya. (ndy)