Buka Kemah Ukhuwah Regional ke-3 Sako Pramuka di Siak SIT, ini pesan Ka Kwarnas

Buka Kemah Ukhuwah Regional ke-3 Sako Pramuka di Siak SIT, ini pesan Ka Kwarnas

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka, yang diwakili oleh Wakil Ketua Kwarnas Bidang Bela Negara, Purn. Brigjen TNI Hasto Pratisto Yuwono, buka secara langsung kemah Ukhuwah Regional ke-3 Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Se-Sumatera, di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara Siak. 

Dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan oleh Waka Kwarnas Bidang Bela Negara, Purn. Brigjen TNI Hasto Pratisto Yuwono, ka Kwarnas mengatakan kepada seluruh peserta perkemahan, agar menjaga tali silaturahmi, dan menjadi ajang kreasi dan wahana perekat bangsa. 

"Mari sama-sama kita jadikan perkemahan ini untuk mewujudkan semboyan, Satu Hati, Satu Janji, Satu Bumi, dan Satu Pramuka untuk Satu Indonesia", ajak Waka Kwarnas.

Dengan adanya Gerakan Pramuka, tambahnya, diharapkan dapat mencetak bibit unggul pemimpin masa depan bangsa Indonesia.

"Satya Pramuka dan Dasa Darma menjadi pembentuk pemimpin yang amanah, jujur, peduli dengan masalah kemasyarakatan serta bertanggung jawab dalam mewujudkan bangsa Indonesia yan yang lebih baik", ucap Ka Kwarnas didalam sambutan tertulisnya. 

Dalam sambutannya, Bupati Siak Alfedri selaku ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 09 Gerakan Pramuka Siak, terlebih dahulu  menjelaskan, bahwa nama Bumi Perkemahan yakni Tengku Buang Asmara, merupakan Sultan ke 2 dari 11 Sultan di Kerajaan Siak. 

"Oleh karena itu, saat ini kami Pemerintah Kabupaten Siak sedang memperjuangkan Sultan Tengku Buang Asmara, sebagai pahlawan nasional. Karena beliau pernah berjuang melawan para tentara Belanda", kata Alfedri.

Kemudian, Alfedri mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Perkemahan Ukhuwah Regional ke-3 Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Se-Sumatera di Kabupaten Siak.

"Kami selaku tuan rumah, akan memfasilitasi seluruh kegiatan disini. Dengan harapan, tidak adanya kendala pada setiap kegiatan yang dilaksanakan", ucap Ketua Kwarcab 09 Siak, Kamis (21/11/2019). 

Selain itu, sambungnya, semoga dengan adanya kegiatan ini akan membentuk generasi muda yang handal, terampil, dan tentunya beriman dan bertaqwa. 

Selaku ketua pelaksana kegiatan, Moh. Zainal mengatakan, bahwa Kemah Ukhuwah Regional ke-3 Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Se-Sumatera ini, mengambil moto Menjadikan Pramuka Penggalang Berjiwa Siak (Spritual, Intelektual, Aktif, Kreatif).

"Untuk peserta kemah, diikuti oleh 2655 peserta yang tergabung dari berbagai Provinsi di Regional 1, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau. Dan berlangsung selama 4 hari, dimulai dari tanggal 20 sampai 23 November 2019", jelas Zainal. 

Masih kata ketua panitia, sebelumnya, kegiatan ini telah dilaksanakan di Sumatera Utara pada 2013, dan dilanjutkan pada tahun 2017. Kemudian pada 2019, dipilih Kabupaten Siak sebagai tuan rumah, karena Siak merupakan melayu yang sebenarnya dan juga adanya wisata Halal. 

"Dalam kemah ini, ada 2 kegiatan yang akan kami laksanakan, yakni kemah regional dan pentas amal yang akan langsung dihadiri oleh Group band Wali yang Insya Allah akan dilaksanakan pada hari Sabtu besok", tutupnya. 

Pada pembukaan kemah Ukhuwah Regional ke-3 Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Se-Sumatera 2019, juga dihadiri oleh Ketua majelis Pembina Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu, Sukro Muhab, Ketua Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu, Ahmad Fikri, dan Kwarda Riau yang wakil oleh Arlisman Agus, beserta seluruh tamu undangan lainnya. (van)