Banjir di Inggris, Ribuan Orang Mengungsi

Banjir di Inggris, Ribuan Orang Mengungsi
(BBC)

RIAUBERNAS.COM, Yorkshire - Hujan deras di akhir pekan telah menyebabkan banjir di Inggris utara dan ribuan orang terpaksa harus dievakuasi di Lancashire dan Yorkshire. Sekitar 2.200 orang di Yorkshire sedang dievakuasi, sedangkan 3.500 orang yang tinggal di dekat Sungai Foss disarankan untuk siap-siap meninggalkan rumah mereka.

"Di mana pun di Yorkshire saya berada hari ini, apakah orang-orang sudah tinggal di daerah tersebut selama 15 atau 50 tahun, semua mengatakan hal yang sama - sepanjang hidup mereka, mereka belum pernah melihat banjir separah ini," demikian laporan koresponden BBC di Inggris Utara seperti dilansir situs inilah.com, Minggu (27/12/2015).

Sungai-sungai di Manchester dan Leeds juga telah meluap. Selain itu, sungai Irwell dan Sungai Roch juga telah meluap, menyebabkan banjir di Salford, pusat kota Manchester dan Rochdale.

Sementara itu Perdana Menteri Inggris David Cameron menulis di Twitter: "Pikiran saya bersama dengan orang-orang yang rumahnya terendam banjir."

"Saya akan memimpin pertemuan COBRA (komite darurat) hari Senin (28/12/2015) untuk memastikan semua upaya dikerahkan untuk membantu," tulis Cameron.

Enam peringatan banjir parah telah dikeluarkan yang menunjukkan akan adanya kondisi yang bahaya. Sedangkan peringatan mengenai hujan dikeluarkan untuk Inggris utara, Skotlandia dan Wales.

Secara keseluruhan dalam beberapa hari terakhir, ratusan peringatan banjir telah dikeluarkan, lebih dari 30 adalah peringatan serius. (***)


Editor    : Ai