Bagikan Masker, Upika Tualang Juga Siapkan Posko Penanggulangan Bencana Asap

Bagikan Masker, Upika Tualang Juga Siapkan Posko Penanggulangan Bencana Asap

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Bentuk Peduli terhadap kesehatan masyarakat, Upika Kecamatan Tualang membagikan masker kepada pengendara di depan kantor camat Tualang KM 9, Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Selasa (17/9/2019) sekitar pukul 13.30 WIB.

Pembagian masker yang melibatkan TNI, Polri dan Dinas kesehatan, dilakukan guna mencegah korban terhadap penyakit ISPA yang merongrong masyarakat Kecamatan Tualang.

Untuk meminimalisir korban terhadap Bencana Asap di Kota Industri yang sudah masuk kategori berbahaya dan jarak pandang sudah mulai terbatas menjadi perhatian Upika Tualang. Upika Tualang sudah membuat antisipasi agar korban Penyakit ISPA tidak berjatuhan dengan mendirikan Posko Kesehatan Penanggulangan Bencana Kabut Asap.

Ada tiga Posko penanggulangan bencana asap di Tualang, yaitu Rumah sakit Type D Kecamatan Tualang, Puskesmas KM 6, dan Puskesmas Km 3 Kecamatan Tualang.

"Kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk Kepedulian terhadap masyarakat, dimana saat ini udara sedang tercemar kabut asap sehingga berdampak terhadap gangguan kesehatan masyarakat," jelas Kapolsek Tualang Kompol Pribadi SH, melalui Kasi Humas Polsek Tualang Jonas Pakpahan, kepada Riau Bernas.com di Tualang.

Setelah itu, lanjutnya, Upika juga melakukan pengecekan Posko Kesehatan Penanggulangan bencana Kabut Asap di RSUD Kelas D Tualang sebagai bentuk kesiapan Upika Kecamatan Tualang apabila ada masyarakat yang mengalami gangguan pernapasan (ISPA) dengan menempatkan Personil Siaga Polsek Tualang bersama dengan RSUD Kelas D Tualang.

"Kesiapan fasilitas kesehatan saat ini sudah rampung, ada sekitar 22 unit tempat tidur dan lengkap dengan alat medis," pungkasnya. (Van)