Asap Semakin Pekat, Dinas Kesehatan Intruksikan Seluruh Puskesmas Bagi-Bagi Masker

Asap Semakin Pekat, Dinas Kesehatan Intruksikan Seluruh Puskesmas Bagi-Bagi Masker

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Kondisi udara di kota Pangkalan Kerinci pada pagi ini semakin menyesakkan pernapasan. Tampak kabut asap yang menyelimuti kota Pangkalan Kerinci pada Selasa (10/9/2019) semakin pekat.

Menyikapi kondisi tersebut, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan Asril saat dikonfirmasi media ini mengatakan bahwa dirinya sudah memerintahkan seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Pelalawan untuk turun kejalan membagi-bagikan masker kepada masyarakat.

"Saya sudah perintahkan kepada seluruh Puskesmas untuk membagikan masker. Kenapa demikian, karena didalam data ISFU yang kita dapatkan dari provinsi itu katagorinya dibawah 200 bearti katagori tidak sehat", terang Asril.

Tapi kalau diatas 250, lanjut Asril, itukan katagori berbahaya, itu wajib ada solusi-solusi. Kalau sekarang ini dengan tidak sehat itu masih bisa diatasi dengan memakai masker, banyak minum, tidak beraktivitas di luar rumah.

"Jadi kalau sekarang ini ada sekolah yang belum meliburkan siswanya, saya tidak berkopeten mengomentari kenapa anak belum libur, karena dengan libur anak sekolah apakah ada jaminan mereka tidak main diluar rumah, bisa saja mereka makin tidak terkontrol kan", jelas Asril lagi.

Untuk pembagian masker pagi ini sudah berjalan dan ada dibeberapa titik, seperti dijalan Akasia Pangkalan Kerinci Kota, jalan lintas Timur, Kerinci 1, Kerinci 2 dan di tempat-tempat lainnya. "Saya sekarang sedang di Sorek lagi bagi-bagi masker juga", pungkas Asril. (sam)