Imigrasi Bagansiapiapi Luncurkan Apapo Versi Android

Rabu, 21 Agustus 2019

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Kantor keimigrasian Kelas II Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bagansiapiapi mengelar sosialisasi tentang peraturan keimigrasian terkait pengunaan Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO).

Salah satu tujuan APAPO diluncurkan Dirjen Keimigrasian Hukum dan Ham RI, supaya masyarakat dalam mengurus parpor lebih mudah dengan memakai sistem aplikasi versi android. Demikian dikatakan Kepala Keimigrasian Kelas II TPI Bagansiapiapi, Junaedi,  Selasa (20/8/2019), di sela-sela kegiatan Sosialisasi tersebut.

"Pengunaan APAPO sistem Aplikasi Android dapat diunduh melalui laman Google Play Store kunci pelayanan paspor online, karena APAPO dan Peraturan Pemerintah (PP) berkaitan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) penting pola pengurusan melalui aplikasi", terangnya.

Menurut Junaedi, Sejauh ini sudah disosialisasikan bagaimana sistem tata pola pengurusan paspor tersebut, namun dengan pola kebijakan dan Inovasi terbaru, masyarakat lebih memahami. Terlebih lagi pada tenaga kerja indonesia (TKI) non prosedural.

"Sosialisasi tentang peraturan keimigrasian sudah empat kali dilaksanakan. Bahkan dua kali di Bagansiapiapi, selainnya di Bagan Batu, Bagan Sinembah, dan Panipahan", tambahnya.

Sementara, Camat Palika Idris, mengharapkan kepada peserta yang mengikuti sosialisasi dapat memahami isi materi tentang peraturan pemerintah berkaitan keimigrasian.

"Sosialisasi ini penting untuk dipahami, oleh karena sebagian kecil pengusaha Panipahan sering lalu lalang ekspor dan impor ke negara jiran tetangga malaysia", terang Idris. (Syofyan)