KKN UNRI Kampung Pinang Sebatang Lakukan Sosialisasi Bahaya Narkoba

KKN UNRI Kampung Pinang Sebatang Lakukan Sosialisasi Bahaya Narkoba

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Dalam upaya memberi pemahaman kepada siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan dampaknya, Tim KKN UNRI mengadakan sosialisasi bahaya narkoba yang berlangsung di SMP Negeri 4 Tualang, Senin (19/08/2019) pada pukul 09:00 WIB.

Pada Sosialisasi kali ini dipandu oleh Yelli Apriyanti selaku moderator, sedangkan materi diisi oleh Bhabinkamtibmas Kampung Pinang Sebatang Bripka Dian Prasetiadi.

Sarwan, selaku Koordinator Desa Kampung Pinang Sebatang mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan sosialisasi bahaya narkoba bagi siswa adalah untuk memberikan informasi tentang bahaya penggunaan narkoba dan dampak yang ditimbulkan, hingga mengganggu keamanan dan kesehatan.
 
“melalui sosialisasi ini diharapkan para siswa sadar bahwa penyalahgunaan narkoba dapat mengganggu aktivitas belajar dan menghancurkan generasi bangsa”, ungkap Sarwan

Bhabinkamtibmas Kampung Pinang Sebatang Bripka Dian Prasetiadi mengatakan, indeks pengguna narkoba di lingkungan siswa saat ini meningkat sejak tiga tahun terakhir.
 
"Pengguna narkoba dapat dikenali melalui ciri-ciri kesehatan fisik menurun, penampilan diri menurun, badan kurus, lemas dan malas, pupil mata mengecil, suhu badan tidak beraturan, mata memerah, tekanan darah menurun, kejang otot, kesadaran semakin lama semakin menurun, selera makan berkurang, serta bersikap kasar," jelas Dian, yang merupakan mantan anggota Reskrim Polsek Tualang itu.

Dian Menambahkan, Narkoba dan obat-obatan merupakan zat atau obat yang sangat berbahagia, Narkoba ini berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintesis maupun semisintesis, dampak dari Narkoba ini bisa menyebabkan penurunan/perubahan kesadaran, hilangnya rasa, sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mencegah pemakaian dan peredaran narkoba dalam kalangan remaja, agar terciptanya generasi bangsa yang bebas narkoba. (van)