Pimpin Apel HUT Provinsi Riau ke 62

Sekda: Sepertiga Pendapatan Nasional Hasil Migas Riau

Sekda: Sepertiga Pendapatan Nasional Hasil Migas Riau

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melaksanakan apel memperingati Hari Ulang tahun (HUT) Provinsi Riau ke 62 tahun, Jum'at (09/8/2019) di halaman Kantor BPKAD Rokan Hilir.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir Drs.H. Surya Arfan, MSi dalam sambutannya mengatakan, bahwa keberhasilan Provinsi Riau tidak terlepas dari daerah kabupaten dan kota yang ada, maka dari itu terus memacu pembangunan.

Provinsi Riau tidak mempunyai wilayah, bahkan Riau sedang mengalami persoalan akses infrastruktur dan kebodohan serta perekonomian, untuk peningkatan ditopang sektor pariwisata, hal itu mendapat respon pusat, karena pusat menyadari bahwa sepertiga pendapatan nasional berasal dari penghasilan migas Riau.

"Perhatian pusat terhadap daerah cukup banyak, seperti pada pembangunan jalan nasional Ujung Tanjung - Bagansiapiapi, di tahun 2019 sebesar Rp 80 milyar, dan 2020 mungkin sebesar Rp 100 milyar melalui porsi APBN", jelas Surya Arfan.

Surya menambahkan, selain itu, masalah kebutuhan air bersih dibutuhkan dukungan Pusat dan Provinsi, untuk memenuhi kebutuhan air bersih buat masyarakat Bagansiapiapi dan kecamatan lainnya.

Sedangkan jalan lintas Provinsi, lanjut Surya, seperti pesisir Panipahan dan Pekaitan, jalan Sinaboi, dan jalan Lubuk Gaung Dumai, terus dilakukan pengesaan. Dengan demikian, walaupun kondisi anggaran Rokan Hilir terbatas, namun tidak jadi alasan tidak membangun infrastruktur.

Terkait keterbatasan dana, Sambungnya, dimaksimalkan pembangunan sektor lainnya, dengan mengambil kebijakan sebagai jalan alternatif, mengembangkan sektor pariwisata, membenahi objek-objek vital destinasi wisata, seperti ivent-ivent didaerah ini.

"Salah satu event paling populer di Rokan Hilir yakni event Bakar Tongkang, yang diharapkan dapat mendongkrak objek destinasi wisata Pulau Jemur dan lainnya", tutup sekda. (Syofyan)