Pemkab Rokan Hilir Tetapkan Kalender Destinasi Wisata

Pemkab Rokan Hilir Tetapkan Kalender Destinasi Wisata
Penampilan peserta asal Malaysia pada Event Rohil Bersenandung tahun lalu.

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Pulau dan Danau yang berada di wilayah Rokan Hilir dipromosikan menjadi destinasi wisata oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Rokan Hilir Provinsi Riau. Adapun pulau yang berada masih di perbatasan perairan Rohil dan malaysia diantaranya, Pulau Jemur dan pulau-pulau lainnya seperti Pulau Batu Mandi, Pulau Tokong dan Pulau Arwah.

Seluruh event yang ada akan dipromosikan dan terus didorong kepermukaan, namun yang tak kalah pentingnya adalah kalender nasional Event Ritual Bakar Tongkang pada 17-19 Juni 2019. Demikian dikatakan oleh Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Rokan Hilir H. Ali Asfar, S.sos kepada awak media, Sabtu (8/6/2019).

Menurut Mantan Kabag umum setda ini, event Atib Koambai juga cukup dikenal dan mudah berkembang untuk dipromosikan ketingkat nasional, karena menyangkut dengan budaya warisan Melayu.

"Dalam Rangka mempromosi Destinasi Pariwisata, Pemerintah Rohil bekerjasama dengan Kabupaten Siak dan Provinsi Riau, serta peran masyarakat bersama untuk mengangkat event daerah ini", pinta Ali asfar.

Adapun nama event dan waktu jadwal pelaksanaan Kalender of event nasional, yaitu Event Cheng Beng 26 Maret hingga 5 April, atau lebih dikenal engan sembahyang kubur warga Tionghua perantauan, balik kampung asal Panipahan, Bagansiapiapi, Pulau Halang dan Sinaboi.

Festival Atib Koambai 8 Juni di Kecamatan Kubu, Festival Bakar Tongkang 17-19 Juni, dan 18 Juni Event Bagan Haritage. Selanjutnya menyusul Festival Bujang dan Dara 21-27 Juni.

Sedangkan festival Pulau Tilan 5-7 Juli di Kecamatan Tanah Putih. Kemudian jadwal Festival Danau Nappanga 19 - 20 Agustus di Tanjung Medan, terakhir Festival Rohil Bersenandung 1-5 Oktober 2019. (Syofyan)