Peringatan Detik-Detik Kemerdekaan di Rokan Hilir Berlangsung Hikmad

Sabtu, 18 Agustus 2018

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Moment peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-73, di Kabupaten Rokan Hilir, Jum'at (17/8/2018) berlangsung dengan penuh hikmad.

Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno bertindak selaku Inspektur upacara (Irup), Sedangkan Komandan Barisan upacara Kanit Reskrim Polsek Bangko AKP Raja Napitupulu, untuk pembawa baki bendera Merah Putih, oleh Tiara Mardiana, Siswa SMA Negeri 1 Bangko, (putri dari H. Suyatno).

Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 Tahun, oleh Ketua DPRD Rokan Hilir H. Nasrudin Hasan. Pada kesempatan yang sama, Bupati Rohil, H.Suyatno juga menyampaikan pidato menteri hukum dan Ham, Yossana Naoly, serta pemberian remisi kepada warga binaan Carutan Bagansiapiapi.
 
H. Suyatno menyampaikan, bahwa untuk menegakkan keadilan, dan semua lapisan meraih kemajuan bersama pada setiap sendi sendi kehidupan, Gelora semangat untuk mengisi kemerdekaan yang dimiliki seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali, untuk warga binaan pemasyarakatan. Meskipun secara hukum,  mereka dirampas kemerdekaannya, namun itu hanya fisik semata-mata, karena sesungguhnya mereka memilki kemerdekaan untuk terus berkarya.

Hal itu telah dibuktikan dengan kegiatan yang dilakukan para narapidana, adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan secara rutin dilapas-lapas diseluruh Indonesia.

"Mereka membangun pentas umum disekitar mereka, sebagai interprestasi bagi pembinaan dilapas-lapas, sekaligus sebagai bentuk rekonsolidasi permintaan maaf mereka, atas permoslidasi yang terjadi antara mereka dengan masyarakat", tutur Bupati.

Sambung Bupati, Pemberian remisi saat ini, telah diatur pada peraturan menteri nomor 3 tahun 2018, telah memiliki mekanisme yang sangat transparan, berbasis sistem yang berdayaguna teknologi informasi, ligitalisasi.

Pemberian remisi terus kita dorong, sebagai upaya untuk memangkas birokrasi yang berbelit, yang sangat sarat dengan keuangan, yang transaksional. Konsep ini perlu disebar luaskan, agar masyarakat dapat melakukan pengawasan, melalui aplikasi pemberian remisi secara tranparansi dan akuntable.

Mengakhiri sambutan, Pemberian Remisi tidaklah berlebihan, "Saya mengucapkan terima kasih setinggi- tingginya kepada Pemerintah daerah, yang telah turut andil bagian terhadap pelayanan pembinaan dan pembimbingan terhadap pembinaan masyarakat. Peran partisipasi pemerintah daerah dapat diraih pada masa-masa akan datang", tutup Bupati mengakhiri sambutan Menteri Hukum dan Ham RI.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Rohil H. Suyatno mengatakan, dengan moment hari kemerdekaan yang ke 73 tahun ini, mudah-mudahan Indonesia tetap maju, jaya, masyarakat makmur, termasuk daerah Rokan Hilir.

Peringatan Dirgahayu kemerdekaan di Rokan Hilir, tiap tahun mengalami peningkatan, termasuk tahun ini. "Saya berterima kasih banyak kepada TNI/Polri dan instansi terkait lainnya, yang telah mensukseskan acara  dirgahayu kemerdekaan ke-73 Tahun ini. Begitu juga kepada panitia penyelenggara, dari awal hingga penurunan bendera merah putih, kita doakan tidak ada yang mengalami hambatan", pungkas Bupati. (Syofyan)