Antusias Pemilih Pada Pilgubri Masih Rendah

Antusias Pemilih Pada Pilgubri Masih Rendah
Suasana di TPS-TPS yang ada di tiga Kelurahan di Kecamatan Pangkalan Kerinci.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Hari ini (Rabu 27 Juni 2018, red) perhelatan pilkada serentak 2018 dilaksanakan di seluruh penjuru Indonesia. Tidak terkecuali di Riau, hari ini masyarakat Riau melakukan pencoblosan untuk memilih pemimpin Riau lima tahun mendatang.

Namun demikian, minat masyarakat Riau untuk mengunakan hak pilihnya, di beberapa daerah yang ada di Provinsi Riau masih rendah. Seolah-olah, masyarakat masih enggan untuk mendatangi TPS guna melakukan pencoblosan.

Di Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan misalnya, berdasarkan pantauan dilapangan, Rabu (27/6/2018) di beberapa TPS yang ada di tiga Kelurahan yang ada di Kecamatan Pangkalan Kerinci, masyarakat yang mengunakan hak pilihnya sampai pukul 11.15 Wib baru berkisaran 50 persen dari jumlah DPT yang ada di TPS tersebut.

Seperti di TPS 01 Kelurahan Kerinci Barat, dari jumlah DPT yang ada di TPS tersebut sebanyak 323 pemilih, namun yang baru mengunakan hak pilihnya sebanyak 155 pemilih. Begitu pula di TPS 20 Kelurahan Kerinci Kota, dari jumlah DPT sebanyak 256 pemilih, yang sudah melakukan pencoblosan baru sebanyak 131 pemilih.

Untuk di TPS 22 Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota, Ketua TPS 22 saat dikomfirmasi media ini mengatakan, dari jumlah DPT sebanyak 301 pemilih, yang sudah melakukan pencoblosan baru sekitar 108 pemilih.

Begitu pula di TPS 32 Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur, dari jumlah DPT yang ada sebanyak 250 an, yang mengunakan hak pilihnya baru sebanyak 85 pemilih.

Ketua TPS 32 Sumarjo, kepada media ini mengatakan, bahwa pihaknya mengalami kendala saat memberikan undangan kepada masyarakat yang sudah terdaftar di DPT, di karenakan masih banyak masyarakat yang rumahnya masih dalam keadaan kosong.

"Masih banyak undangan atau C6 yang belum sampai ke masyarakat, karena saat kami datangi masih banyak rumah yang kosong, orangnya masih di kampung belum pulang dari mudik", terang Sumarjo. (sam)