Ciptakan Sejak Dini Generasi Antikorupsi, KPK Luncurkan Episode Baru 'Sahabat Pemberani'

Ciptakan Sejak Dini Generasi Antikorupsi, KPK Luncurkan Episode Baru 'Sahabat Pemberani'
Wakil Ketua KPK RI, Saut Situmorang. (int).
JAKARTA, RIAUBERNAS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan musim kedua serial animasi ‘Sahabat Pemberani’. Peluncuran film ini merupakan salah satu upaya KPK untuk menciptakan generasi antikorupsi sejak dini.
 
"Pemberantasan korupsi tak hanya diusahakan melalui upaya penindakan, tapi juga pencegahan melalui pembangunan perilaku dan penanaman budaya," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam acara peluncuran Sahabat Pemberani di FX Sudirman, beberapa waktu lalu. 
 
Saut mengatakan, bahwa animasi dan musik dianggap cara efektif untuk membangun perilaku dan penanaman budaya sejak dini. Soalnya, ia dianggap tak menggurui dan lebih mudah diterima. Pada musim kedua ini, serial animasi ‘Sahabat Pemberani’ terdiri dari enam episode. 
"Melalui film animasi ini, KPK ingin menyasar penonton usia Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Serial animasi dengan tiga tokoh utama, Krisna, Panji, dan Kirana. Cerita yang disajikan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari," katanya.
 
Lanjutnya, tak hanya serial animasi, ‘Sahabat Pemberani’ juga dihadirkan KPK dalam bentuk boardgame, aplikasi permainan berbasis android, gerak senam, dan buku panduan untuk orang tua dan guru. Sejak diluncurkan tahun 2013, musim pertama ‘Sahabat Pemberani’ telah tersebar sebanyak 6 ribu keping compact disc. 
 
"KPK juga bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk penggunaan bahan ajar di sekolah-sekolah," ujarnya.
 
Dalam kesempatan itu, juga diluncurkan album musik ‘Sahabat Pemberani Cinta Indonesia’ karya Oppie Andaresta. Album musik ini terdiri dari tujuh lagu yang berisikan nilai-nilai anti-korupsi. Tak hanya anti-korupsi, tema lain yang diangkat adalah mencintai tanah air yang kaya sumber daya alam dan budaya.
 
"Melalui musik ini, kami ingin menanamkan nilai anti-korupsi sebagai salah satu bentuk dalam mencintai tanah air," tukas Saut.
 
 
Sumber : kpk.go.id
Editor : Andy  Indrayanto