Plt Bupati Rohil Irup Hari Santri Nasional

Peringati HSN : Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan

Peringati HSN : Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan
Plt Bupati Rohil Sulaiman Pimpin Hari Santri Nasional

ROHIL (RBC)Peringati Hari Santri Nasional   Dengan mengusung tema "Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan", Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil)

Perhelatan Apel Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rokan Hilir, H. Sulaiman, Selasa (22/10/2024) di Lapangan Taman Budaya, Batu Enam, Bagansiapiapi.

Plt. Bupati menyampaikan pesan dari Menteri Agama RI, bahwa Hari Santri merupakan momentum penting untuk mengenang jasa para santri dalam memperjuangkan, mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Salah satu bukti nyata dari kontribusi tersebut adalah Resolusi Jihad dikeluarkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945.

Resolusi ini menyerukan umat Muslim untuk berperang melawan penjajah sebagai fardu ain, sebuah kewajiban individu bagi setiap Muslim dalam radius 94 kilometer dari tempat musuh berada.

"Semangat Resolusi Jihad tersebut membakar semangat para santri dan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan

Kemudian mencapai puncaknya pada peristiwa bersejarah 10 November 1945, yang kini kita peringati sebagai Hari Pahlawan," ujar Plt. Bupati membacakan amanat Menteri Agama.

Lebih lanjut, Sulaiman menyampaikan bahwa tema Hari Santri tahun ini, Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan, mengajak santri masa kini terus melanjutkan perjuangan para pendahulu, tidak hanya dalam menjaga keutuhan bangsa, tetapi juga dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Santri diminta untuk percaya diri dan yakin bahwa mereka mampu berkontribusi di berbagai bidang, dengan mengedepankan semangat "Man jadda wajada" yang berarti siapa yang bersungguh-sungguh, pasti akan berhasil.

"Hari Santri bukan hanya milik santri dan pesantren, tetapi merupakan milik kita semua sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, persatuan, dan kecintaan terhadap tanah air," tambah Plt. Bupati.

Apel diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustaz Firdaus  mengenang para pahlawan, ulama, dan santri yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kemaslahatan bangsa. Doa tersebut dipanjatkan agar mereka ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Apel Peringatan Hari Santri ini turut dimeriahkan dengan penampilan marching band dari salah satu pondok pesantren di Rohil, serta beberapa acara hiburan lain dengan menambah semarak peringatan HSN  tahun ini.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Plt. Bupati H. Sulaiman, Asisten I H. Ferry H. Parya, Sekda Rohil Fauzi Efrizal, anggota DPRD M. Syah Padri, Plt. Kakan Kemenag Rohil H. Khairul,

Perwakilan Dandim 0321/Rohil, Mayor Inf Kasmir Danposal, Letda Laut Alfian Hadie Akbar, Perwakilan Kejari Rohil Satria Faza Andromeda, Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren Provinsi Riau Khairul Saleh, 

Selain itu Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren Kabupaten Rohil  Ustaz Usman Saufi, Ketua Panitia Hari Santri Nasional Ustaz Ibrahim Ahmad, pimpinan ponpes dan santri berbagai ponpes (*)