Buka Pagelaran Seni Karawitan Gendang Jawa, Bupati Zukri Minta Masyarakat Untuk Melestarikan Budaya Tradisional

Buka Pagelaran Seni Karawitan Gendang Jawa, Bupati Zukri Minta Masyarakat Untuk Melestarikan Budaya Tradisional

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Bupati Pelalawan H. Zukri meminta agar masyarakat selalu menjaga dan melestarikan budaya tradisional. Hal tersebut disampaikan Bupati Zukri saat menghadiri sekaligus membuka pagelaran seni Karawitan Gendang Jawa dan Kuda Kepang, Kampoeng Kopi Desa Makmur, Kecamatan Pangkalan Kerinci,  Minggu (9/6/2024).

Bupati Zukri berharap dan berpesan kepada masyarakat untuk terus melestarikan seni, budaya dan tradisi, jangan sampai hilang ditelan bumi seiring dengan canggihnya perkembangan zaman.

Pada kesempatan itu, Bupati Zukri mengucapkan apresiasi dan mendukung Kampung Kopi, serta Pemerintah Desa Makmur dan masyarakat yang telah  menggelar pergelaran seni Karawitan Gendang Jawa dan Kuda Kepang. Hal ini dikarenakan beliau ingin menjadikan Kabupaten Pelalawan sebagai pusat pariwisata.

‚ÄĚKedepan, jika ada kegiatan dan wisatawan datang berkunjung ke Kabupaten Pelalawan, bisa kita suguhi dengan pagelaran seni tradisional, sehingga tradisi ini dapat terus dikembangkan, terutama sekali untuk menarik minat generasi muda  untuk melestarikan kreatifitas seni tradisional di Kabupaten Pelalawan," ucap Bupati.

Bupati Zukri menyebutkan, bahwa pada pelaksanaan kegiatan memperingati hari jadi Kabupaten Pelalawan tahun ini,  Pemkab Pelalawan akan mengundang masyarakat Desa Makmur untuk menampilkan seni budaya Karawitan Gendang Jawa. 

"Ini merupakan keseriusan Pemkab Pelalawan dalam memberikan dukungan kepada masyarakat untuk melestarikan kesenian Karawitan Gendang Jawa dan Kuda Kepang serta tradisi budaya lainnya," tukas Bupati. (Sam)