Hadir di Acara Syukuran FSKT, Bupati Alfedri Akan Dorong Kearifan Lokal

Hadir di Acara Syukuran FSKT, Bupati Alfedri Akan Dorong Kearifan Lokal

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Bupati Siak Drs. Alfedri, Msi menghadiri acara syukuran menyambut bulan suci Ramadhan yang ditaja oleh Forum Sahabat Kampung Tualang (FSKT) di balai FSKT Kampung Tualang Kecamatan Tualang.

Dalam acara syukuran tersebut juga dihadiri Camat Tualang selaku pembina FSKT, Anggota DPRD Kabupaten Siak H. Musar, SH, Zulkifli, M.Si, Tokoh masyarakat Tualang Yuhendrizal, Tokoh Pemuda Riau Irvan Herman, Penghulu Tualang Juprianto, M.Si dan masyarakat Kampung Tualang.

Bupati Siak Drs. Alfedri, M.Si mengapresiasi Forum Sahabat Kampung karena tetap kompak dan solid bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Siak. "Dengan komunikasi yang baik, FSKT bisa ikut berpartisipasi dalam membangun kampung, sehingga Kecamatan Tualang semakin  luar biasa. Ditambahkan lagi Camat Mursal orang asli Tualang, Insyaallah Kecamatan Tualang bisa dikembangkan lebih baik lagi dan lebih maju," kata Alfedri disela-sela sambutannya.

Selain itu juga, Orang nomor satu di Kabupaten Siak tersebut akan mendorong kearifan lokal seperti yang dilakukan komunitas Angler Udang Galah di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

"Dengan adanya forum pelindung sungai Siak bebas dari dencis dan menggalakkan mancing atau memelat, masyarakat Tualang  bisa mendapatkan udang galah sebanyak 3 kg saat memancing atau memelat. Dulunya susah mencari udang, sekarang nelayan bisa menikmati udang. Selain itu, setiap hari Sabtu dan Minggu masyarakat datang ke Tualang untuk berwisata," jelas Bupati.

Bupati akan lebih memperhatikan potensi yang ada di setiap Kampung. "Itu akan jadi perhatian kami, bagaimana kita mempersiapkan sampan dan alat tangkap ikan yang dibutuhkan nelayan, sehingga ekonomi masyarakat nelayan terbantu," harapnya.

Ketua Forum Sahabat Kampung Kecamatan Tualang Bukhari, S.Sos menceritakan bagaimana proses pendirian FSKT. "Sejak berdiri, FSKT sangat kompak dan mengkombinasikan generasi yang dulu dengan sekarang, sehingga silahturahmi tetap berjalan baik," jelas dia.

Dia menceritakan bahwa FSKT sudah terdaftar di Menkumham Republik Indonesia. "Perihal balai, merupakan bedeng dahulu yang dijadikan tempat berkumpul, tempat inspirasi dan tempat musyawarah," ujarnya.

FSKT ini, lanjut dia, merupakan organisasi bergerak dibidang sosial. "Setiap tahun kita melakukan sunat massal, dan bulan puasa ini, kita akan menyantuni anak yatim dan dhuafa. Intinya kami siap mendukung program Pemerintah Kecamatan Tualang maupun Kabupaten Siak," harapnya.

Camat Tualang, Mursal, S.Sos dan sekaligus pelindung FSKT mengatakan, syukuran yang dilakukan merupakan kegiatan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. "Ini udah tahun kedua, Alhamdulillah hari ini bersama bapak Bupati," jelas camat.

Camat menginginkan FSKT terus menghimpun, kalau dapat pengurusnya dilanjutkan ke seluruh Kampung se Kecamatan Tualang. "Kita bersama-sama memajukan Kecamatan Tualang, kita perluas lagi, mohon dukungan kepada orang tua kami untuk menjalankan roda pemerintahan, kami harus dapat dukungan dari masyarakat agar program pak Bupati bisa berjalan baik," harapnya.

Tokoh Pemuda Riau Irvan Herman datang kesini berkeinginan memperbanyak silahturahmi. "Pesan orang tua saya, perbanyaklah silahturahmi, Insyaallah umur panjang, jelasnya.

Perihal kegiatan pemerintahan, dirinya Pemuda Riau siap mendukung kegiatan positif. "Saya pemuda Riau siap mensupport apapun kegiatan positif, agar daerah kita berkah dan maju," harapnya. (Van)