Musrenbang RKPD Tahun 2024, Angka Penduduk Melonjak dan Angka Kemiskinan Berkurang

Musrenbang RKPD Tahun 2024, Angka Penduduk Melonjak dan Angka Kemiskinan Berkurang

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2024, yang dilaksanakan pada Kamis, (16/3/2023) di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci.

Musrenbang tahun ini mengangkat tema "Mewujudkan Pemerataan Pembangunan Insfrastruktur Berkelanjutan guna Meningkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Masyarakat Menuju Pelalawan Maju”.

Kepala Bappeda Kabupaten Pelalawan Tengku Zulfan menyampaikan, Musrenbang RKPD ini bertujuan menjemput aspirasi dari masyarakat agar pembangunan di Pelalawan berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

"Jemputan aspirasi yang juga dilakukan para anggota DPRD Pelalawan telah melakukan reses ke berbagai desa dan kecamatan akan dibawa ke Musrenbang, karena dalam Musrenbang ini semua aspirasi dapat ditampung dan berharap semua demi untuk kemajuan Pelalawan yang kita cintai," terang pria yang akrab dipanggil Zulfan tersebut.

Prof. Dr. Tengku Dahril, selaku perwakilan Tokoh masyarakat menyampaikan, akan baiknya dalam Musrenbang juga tidak melupakan akan program-program untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena menurutnya, segala kemajuan dan teknologi dapat bertambah, akan tetapi untuk mengimbangi hal tersebut harus membina iman umat manusia.

Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Baharudin, SH, MH menyampaikan, Musrenbang dapat menjemput aspirasi dari tingkat paling rendah dari desa, kelurahan, kecamatan hingga dari seluruh lapisan masyarakat berjalan dengan baik. Hasil reses yang telah dijemput DPRD Pelalawan akan dinaikkan ke tingkat Musrenbang RKPD.

"Kita berharap masyarakat dapat memberikan masukan kepada perintah yang lebih bersifat prioritas sebab anggaran Pelalawan masih terbatas. Dirinya juga berharap agar tokoh masyarakat dapat memberi masukan untuk pembangunan pelalawan," imbuh Bahar.

Baharudin menambahkan, Dalam Musrenbang ini juga diharapkan kepada SKPD agar dapat secepatnya melakukan pelelangan guna menghindari kejadian serupa, seperti putus kontrak pengerjaan dikarenakan salah satu faktor cuaca.

Ketua DPRD juga mengajak kepada seluruh pihak swasta atau perusahaan agar dapat bersinergi membangun pelalawan dari berbagai sisi. "Hal tersebut perlu agar kemajuan Kabupaten Pelalawan cepat  tercapai," pungkas Baharudin.

Wakil Bupati Pelalawan H. Nasarudin,  SH, MH menyampaikan bahwa ini merupakan musrenbang ke 3 di masa kepemimpinan Zukri-Nasarudin. "Apalagi di tahun pertama menghadapi masa covid 19, karena itu banyak program kami yang terkendala. Akan tetapi kami terus berupaya melakukan yang terbaik buat masyarakat Kabupaten Pelalawan," ujar Nasarudin.

Sementara itu, Bupati Pelalawan H. Zukri pada sambutannya menyampaikan bahwa jumlah penduduk Kabupaten Pelalawan pada tahun 2021 sekitar 300 ribuan jiwa, dan tahun 2022 sesuai data BPS, penduduk Pelalawan menjadi sekitar 410 ribu jiwa. Angka kemiskinan di tahun ini sudah menurun, itu menandakan bahwa  masyarakat semakin sejahtera.

"Jadi bila kemiskinan masih tinggi, artinya kita sebagai pemerintah yang selalu membantu masyarakat kurang tepat atau ada suatu masalah. Bisa jadi bantuan pemerintah tersebut tidak tepat sasaran, karenanya tidak dapat mengangkat status masyarakat menjadi ekonomi yang tergolong mampu," kata Zukri.

Menurut Zukri, ada 2 golongan kemiskinan, yakni ada miskin atau miskin ekstrem. "Lalu kita telah terintegrasi dengan big data. Bila tergolong kaya, maka akan ada tanda hijau, bila tergolong miskin maka ada ada tanda kuning dan bila miskin ekstrem akan bertanda merah di sistem. Hal tersebut untuk kebaikan bersama dan supaya bantuan menjadi tepat sasaran menanggulangi kemiskinan," terangnya.

Menurutnya, kedepan akan terus menggalakkan program yang terkonek dengan sistem big data Pelalawan. "Agar sebagai perintah juga mengetahui apa masalah di tengah masyarakat serta dapat mengevaluasi pimpinan SKPD dalam menjalankan tugasnya untuk melayani masyarakat," pungkas Bupati Zukri yang notabene juga sebagai Ketua DPD I Provinsi Riau partai yang bergambar Banteng tersebut. (Sam)