Gubri Panen Raya Padi Nusantara Satu Juta Hektar Klaster Rohil.

Gubri Panen Raya Padi Nusantara Satu Juta Hektar Klaster Rohil.
Gubri Panen Raya Padi Nusantara 1 Juta Hektar

ROHIL(RIAUBERNAS.COM),
Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar panen raya padi nusantara satu juta hektar di klaster Rimba Melintang Riau Bertani berada di Kepenghuluan Mukti Jaya, Rabu (15/3/2023).

Gubri beserta rombongan di acara panen raya padi bersama gabungan kelompok tani (Gapoktan) Tri Mukti Jaya ini 
kedatangan disambut dengan seni pencak silat oleh siswa SMK N 1 Rimba Melintang.

Berdasarkan pantauan , Gubernur Riau sebelum juga melakukan panen raya dan peninjauan bazar pasar murah

Saat memberikan sambutan Gubri mengingatkan masyarakat maupun kelompok tani agar tidak menjual hasil panennya keluar daerah agar kebutuhan beras di Rokan Hilir bisa terpenuhi.

"Penuhi dulu untuk kebutuhan masyarakatkan Rokan Hilir dulu, sebab kalau kita jual keluar dan kita beli lagi mahal harganya," kata Syamsuar.

"Kalau berlebih baru kita jual di daerah tetangga seperti Dumai, karena daerah tersebut tidak memiliki sawah yang luas seperti kota Dumai," tambahnya.

Mantan Bupati Siak dua periode ini menjelaskan bahwa kebutuhan pangan terutama beras belum mencukupi untuk kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau.

"Dari produksi kita masih belum mencukupi, maka dari itu hasil panen ini kita distribusi kedaerah berada di Riau yang belum panen atau kekurangan beras," ujarnya.

Selain meningkatkan produksi beras Gubri juga mengajak masyarakat untuk menanam cabe, mengingat dalam waktu dekat memasuki bulan suci ramadan maka produksi cabe perlu di tingkatkan.

"Saya berharap disamping meningkatkan produksi beras juga ditingkatkan hasil sayur- sayuran, cabe, bawang dan lain sebagainya. Mari dicoba didaerah kita ini" pungkasnya.

Berdasarkan informasi kegiatan panen raya padi nusantara satu juta hektar diklaster Rimba Melintang Riau Bertani berada di Kepenghuluan Mukti Jaya ini memproduksi padi dalam satu hektar menghasilkan 8 ton.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau, Muhammad Nur mengatakan bahwa panen padi nusantara satu juta hektar ini menurutnya sesuatu yang sangat menggembirakan karena nanti akan berdampak ketersediaan beras dimasyarakat sehingga inflasi dapat terkendali dengan baik mungkin.

"Mungkin kita banyak mendatang beras dari beberapa daerah lain, tetapi dengan ada upaya panen raya padi ini membuat kita optimis pada saat ketergantungan bisa berkurang," pungkasnya.

Sementara Bupati Rohil Afrizal Sintong juga mengapresiasi panen raya padi nusantara satu hektar karena hasil panen petani yang bagus serta petani juga  profesional.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para petani dan kelompok tani di Rimba Melintang ini, kami yakin kebutuhan beras diRokan Hilir bisa terpenuhi," pungkasnya.

Disamping panen raya padi nusantara satu juta hektar Gubri juga menyerahkan bantuan para petani diantaranya Pupuk NPK, Pupuk organik, dolomit, Pupuk hayati, herbisida, Benih durian dan Mesin traktor 3 unit (*)