Berobat Gratis Gunakan KTP, H Zukri Diganjar Penghargaan UHC dari Pemerintah Pusat

Berobat Gratis Gunakan KTP, H Zukri Diganjar Penghargaan UHC dari Pemerintah Pusat
Bupati Pelalawan H Zukri menerima penghargaan UHC BPJS RI diserahkan oleh Mendagri Tito Karnavian di Jakarta (14/3/2023)

Jakarta (Riaubernas) - Balai Sudirman, Jakarta Selatan, (14/3 2023) menjadi saksi apresiasi tinggi diberikan Pemerintah pusat melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kepada Pemerintah Kabupaten Pelalawan atas prestasi di bidang pelayanan kesehatan.

Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) 
M. Tito Karnavian kepada Bupati Pelalawan H Zukri merupakan penghargaan dari Pemerintah pusat terhadap layanan kesehatan yang accessibility atau mudah diakses bagi semua pihak di daerah.

Pemerintah pusat menilai, di bawah kepemimpinan H Zukri di Kabupaten Pelalawan, masyarakat dimudahkan dalam memperoleh layanan kesehatan. Hanya dengan menunjukkan KTP, tenaga medis siap melayani kebutuhan pengobatan warga di fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah.

"Menurut penilaian pemerintah pusat, fasilitas fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat dengan hanya menunjukkan KTP saja, dan mereka mengapresiasi komitmen pelayanan gratis yang kita terapkan. Apresiasi itulah kita dianugerahi penghargaan UHC ini," terang Bupati H Zukri.

Bagi Ketua Nadlatul Ulama Kabupaten Pelalawan ini, apa yang diraih oleh Pemkab Pelalawan hari ini hanya bonus bagi semua pihak yang telah mendukung program Pemerintah untuk melayani masyarakat yang tidak berpunya sepenuh hati.

Hal itu tersebab sejak pertama ia dipercaya masyarakat untuk memimpin daerah yang berjuluk negeri Seiya sekata itu, ia telah berazam memberikan hati dan pikirannya untuk melayani masyarakat yang selama ini kesulitan mengakses layanan kesehatan secara gratis.

"Penghargaan ini jadi bonus bagi kita karena komitmen kita yang tulus melayani, namun yang utama sekali adalah bagaimana saudara saudara kita dari masyarakat miskin, orang tua jompo dan anak anak yatim jika sakit dapat pergi ke puskesmas, ke rumah sakit tanpa perlu memikirkan uang untuk biaya pengobatan. Sekarang mereka tidak perlu mencemaskannya lagi,"bebernya

Dikatakan Bupati H. Zukri, Pemerintah Kabupaten Pelalawan, dengan jumlah penduduk kurang lebih 422?907,00 jiwa, berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang optimal terhadap seluruh masyarakat Kabupaten Pelalawan. Salah satunya diwujudkan dengan menyediakan pembiaayan untuk tercapai jumlah kepesertaan menuju Universal Health Coverage (UHC).

“Hasil ini tentu berkat dukungan semua pihak yang terkait dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Pelalawan. 
Sebanyak 97.7 Persen Masyarakat Pelalawan telah mengantongi Jaminan Kesehatan,”ucap H Zukri.

Ditambahkan H Zukri, Ia berharap dengan tercapainya UHC di Kabupaten Pelalawan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Negeri Seiya Sekata ini.

“Terutama meningkatkan akses pelayanan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Pelalawan. Semoga UHC di Pelalawan terus dapat dipertahankan sehingga semua lapisan masyarakat dapat menerima pelayanan kesehatan yang bermutu,” tutup H Zukri.***